728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

19 Juli 2014

Pada semua sistem operasi windows dan software yang berjalan pada windows tersebut terutama yang membutuhkan koneksi internet tentu akan meminta akses dari Net Framework. Net Framework Adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang digunakan terutama pada Sistem Operasi Microsoft Windows. Net Framework sendiri merupakan suatu akses aplikasi windows untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan  library agar dapat bekerja sama dalam menjalankankan aplikasi yang berbasis Windows.

  • Menyediakan lingkungan pemrograman berorientasi objek, apakah kode objek disimpan dan dijalankan secara lokal, dijalankan secara lokal tetapi disebarkan melalui internet atau dijalankan secara remote (dijalankan dari suatu tempat).
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang meminimalkan konflik saat softwaredeployment disebarkan dan versioning /tentang versi.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalakan suatu kode yang menjamin keamanan saat kode dijalankan, termasuk kode yang dibuat oleh pihak yang tidak diketahui atau pihak ketiga yang setengah dipercaya.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang dapat mengeliminasi masalah performa dari lingkungan scripted dan interpreted.
  • Membuat pengembang memiliki pengalaman yang konsisten dalam berbagai tipe aplikasi berbasis Windows dan aplikasi berbasis Web.
Pada dasarnya windows 8 yang telah dilengkapi dengan NET Framework 4.5 namun hal itu secara otomatis tidak mengaktifkan NET Framework 3.5 ke bawah. Oleh karenanya, beberapa program/software yang menggunakan akses NET Framework 3.5 ke bawah tidak dapat berjalan semestinya pada Windows 8 contohnya adalah driver laptop, microsoft office dsb. Jika program atau software yang berada di bawah naungan NET Framework 3.5 tersebut ingin berjalan pada Windows 8 yang kita gunakan, maka NET Framework 3.5 tersebut harus diinstal terlebih dahulu.

Jika koneksi internet anda memungkinkan, tentu hal ini tidak akan terlalu bermasalah karena anda dapat dengan segera mengupdate Net Framework anda secara online, namun jika anda kebetulan tidak menggunakan internet, tentu anda akan kesulitan. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus mengaktifkannya secara offline (tanpa terhubung ke internet). Untuk itu kami akan mengulas mengenai tips mengaktifkan NET Framework 3.5 (termasuk NET 2.0 dan NET 3.0) secara offline.


Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

Net Framework yang kita butuhkan sebenarnya terdapat dalam DVD Installer windows 8, namun bagi anda yang tidak memilikinya, anda dapat mendapatkan file "sxs" atau "net" pada Source Windows 8, melalui link berikut Download File SXS Net Windows 8 .

Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Net Framework 3.5:
Cara Pertama
  1. 1. Masukkan DVD Installer Windows 8 ke DVD Drive atau sambungkan Flashdisk Installer Windows 8 port USB. Kemudian Buka Directory dari DVD atau Flashdisk tersebut.
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline
  2. 2. Buka Folder "Sources" kemudian cari folder "sxs", lalu kopikan folder "sxs" tersebut ke drive Local Disk (C:)

    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline
  3. 3. Selanjutnya ubah nama dari folder "sxs" menjadi "net"
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

  4. 4. Selanjutnya buka Command Prompt melalui start screen ketikkan cmd, klik kanan pada Command Prompt kemudian pada menu dibawah klik "Run as administrator"
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

  5. 5. Command Prompt terbuka, secara default path cmd akan mengarah ke C:\Users\NamaPengguna, ubah path tersebut dengan mengetikkan "cd\" tekan ENTER sehingga muncul seperti tampilan berikut.
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

  6. 6. Jika sudah ketikkan "dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net LimitAccess"
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

  7. 7. Kemudian tekan ENTER, Jika semua tahap dilakukan dengan benar, maka proses instalasi Net Framework 3.5 akan berjalan. Tunggu sampai 100% jika sudah selesai RESTART komputer/laptop Anda.
    Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline

Cara kedua
  • Pertama siapkan DVD installer windows 8, mau pakai yang ISO juga bisa tinggal kita klik 2 kali file installer windows 8 format iso makan akan otomatis termount oleh windows explorer.
  • Berikutnya buka Command Promt / CMD dan Run as Administrator , caranya tinggal geser mouse ke pojok kiri bawah atau dengan menekan tombol windows + x.
  • Kemudian ketikan kode berikut ini :
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
  • Ganti F dengan lokasi dimana DVD instalasi berada.
  • Tekan Enter dan tunggu prosesnya samapai mencapai 100%.
  • Jika setelah menekan Enter muncul peringatan gagal rubah kodenya menjadi seperti ini :
DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:F:\sources\sxs
  •  Dan tekan Enter, Saya berhasil menginstall .Net Framework Versi 3.5 dengan kode yang kedua.

Jika anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka NET Framework 3.5 pasti akan berhasil di aktifkan.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Cara Mengaktifkan NET Framework 3.5 Pada Windows 8 Offline Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top