728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

04 Juni 2014

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 - Consider Replacing Your Battery merupakan hal lumrah yang terjadi pada sistem operasi windows 7. Cepat atau lambat sehubungan dengan usia laptop dan lamanya penggunaan, anda pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah pada ikon baterai yang ada di system tray bagian kanan bawah. Jika laptop tiba-tiba muncul pemberitahuan tersebut diWindows 7 itu tandanya system "menganggap" baterai laptop anda sudah saatnya untuk diganti.

Consider Replacing your Battery

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7
Jika laptop anda muncul pemberitahuan Consider Replacing Your Battery, hal tersebut menandakan  bahwa kapasitas baterai laptop sobat sudah kurang dari 40% dari kapasitas normalnya, notifikasi ini tentu berbeda dengan Notifikasi Plugged In, Not Charging di Windows 7. Dari beberapa sumber di dunia maya, banyak laporan dari pengguna Windows 7 dari beberapa penjuru dunia yang menyatakan bahwa munculnya pemberitahuan tersebut kadangkala terjadi karena kesalahan deteksi oleh windows 7, hal itu dibuktikan oleh salah seorang pengguna yang mengganti baterai laptopnya, namun notifikasi Consider Replacing your Battery tersebut masih tetap ada.
Cara Menghilangkan Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7


Apabila anda mengalami masalah “consider replacing your battery”, diharapkan anda jangan dulu panik ataupun buru-buru dan segera mengganti baterai laptop anda dengan baterai yang baru. Ada cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara Menghilangkan Notifikasi Consider Replacing your Battery

1. Charge baterai sampai penuh (full) (99% – 100%), kemudian matikan laptop. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.

2. Hidupkan kembali laptop anda kemudian tekan F8 (tergantung bios pada laptop anda) secara berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Selanjutnya Pilih Safe Mode.
Solusi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7
3. Setelah masuk ke dalam Windows Safe Mode, kemudian cabut charger baterai laptop anda.

Cara Memperbaiki Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7


4. Biarkan laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. selama proses ini disarankan anda tidak mengoprasikan apapun, cukup di biarkan saja. Biarkan saja hingga laptop mati sendiri.

5. Setelah laptop mati, pasang kembali charger laptop, kemudian nyalakan kembali laptop dengan normal. Lihatlah icon baterai pada sistem tray, jika langkah yang dilakukan benar, tanda silang merah pada baterai akan hilang dan semua kembali normal, Notifikasi “consider replacing your battery” tidak akan muncul lagi.
Cara Ampuh Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7

Cara di atas pada dasarnya adalah suatu trik untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop. Dengan menjalankan laptop dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 akan mengetahui kapasitas sebenarnya (real capacity) baterai laptop, dan secara otomatis men-setting atau mereset ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Cara ini sudah saya terapkan di 3 laptop berbeda, yaitu HP,Acer dan Toshiba, dan terbukti ketiga laptop tidak lagi mengalami Masalah Consider Replacing your Battery.

Semoga informasi Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 dapat membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

8 komentar:

  1. makasih juga gan, udah mampir di blog saya
    khoiri punya

    BalasHapus
  2. Mksudnya mati laptopnya itu mati karena mati layarnya atau mati kerena kehabisan baterai ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptopnya mati karena kehabisan baterai :)

      Hapus
  3. bang, kalo mengatasi consider pd win 8 gmn?

    BalasHapus
  4. gan, ane coba cara diatas sampek laptop ane mati tadi malem. terus ane baru cash lagi paginya, tapi kok masih tetep "consider replacing your battery" ya? ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang cara diatas tidak bisa, kemungkinan kerusakan bukan pada system laptop, tapi pada baterainya.

      Hapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Description: Cara memperbaiki dan menghilangkan notifikasi consider replacing your battery pada sistem operasi windows 7 dengan mudah dan disertai gambar. Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top