728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

16 Mei 2014

Menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot Portabel di OS.7. Kemarin ketika saya telah mengupgrade Blackberry Davis, kemudian rekan saya bertanya mengenai Koneksi Hotspot Seluler, kemudian saya menjawab kalau Icon atau fitur tersebut adalah untuk menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot Router. 

Kabar gembira tersebut nampaknya hanya dapat di lakukan di blackberry OS.7, karena hanya pada OS.7 saja yang terdapat fitur Hotspot Router.  Untuk blackberry dari OS sebelumnya OS.5 dan OS.6 jangan berkecil hati, meskipun Blackberry tidak dapat dijadikan sebagai hotspot, namun anda dapat Menjadikan Blackberry Sebagai Modem
Menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot Portabel di OS.7

Fitur “Mobile Hotspot” pada Blackberry OS.7 memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi internet via hotspot sama halnya dengan router hotspot di tempat anda "di kantor, kampus, sekolah, cafe dsb" dan yang menarik adalah Blackberry anda lah yang akan menjadi Gateway atau Acces point Router Hotspot tersebut sehingga perangkat lain seperti PC, Laptop, Iphone, atau gadget yang mendukung koneksi wifi dapat terhubung ke internet dengan menggunakan jaringan hotspot dari blackberry.

Menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot di OS.7

Untuk menjadikan blackberry sebagai router atau gateway hotspot / wifi, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Pastikan Blackberry Anda menggunakan OS versi 7.1. Jika belum menjadi OS.7, silakan update terlebih dahulu ke OS.7.
  2. Daftar dahulu layanan data internet operator diluar BIS, karena Fitur hotspot tersebut tidak menggunakan jalur BIS ( Blackberry Internet Service ).
  3. Kemudian Setting Kode APN, Sesuai dengan Operator kartu yang digunakan. Cara Setting Kode APN sangat mudah, buka Menu-Option-Device-Advence System Setting- TCP IP. Untuk kode APN masing-masing operator, kami sediakan di bawah artikel ini.
  4. Setelah berhasil mensetting atau merubah Kode APN, selanjutnya klik Simpan.
  5. Aktifkan WIFI dibagian atas kanan layar Ponsel dan Klik pada kontak Wifi.
  6. Selanjutnya aktifkan Mobile Hotspot
  7. Masukkan kembali kode APN seperti yang anda lakukan sebelumnya, Isi dengan benar APN, Username dan Password sesuai dengan operator yang digunakan.
  8. Ketika Layar menampilkan Fitur jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan Area Hotspot, silahkan Scroll kebawah kemudian tekan OK.
  9. Cara mengatur Aplikasi Hotspot yaitu dengan cara mengatur Option -> Networks and connections -> Mobile Hotspot Connections.
  10. Fitur tersebut menyediakan history lama koneksi dan jumlah transaksi data yang sudah berjalan.
  11. Silahkan Buka Option untuk mengganti ataupun mengubah Nama jaringan Wifi yang ingin ditampilkan.
  12. Agar koneksi Hotspot yang digunakan tidak digunakan oleh orang lain selain izin anda, sebaiknya aktifkan fitur Security Tipe kemudian tentukan Password sesuai dengan yang anda kehendaki.
  13. Atur waktu otomatis untuk menon-aktifkan mobile Hotspot, Cara menon-aktifkan Hotspot secara otomatis dapat dengan cara menekan Auto shutoff Timer.
  14. Langkah terakhir adalah menghubungkan perangkat ke Hotspot Blackberry anda, jika perangkat sudah terhubung, perangkat tersebut akan tampil  di mobile Hotspot Connections.
Berikut daftar pengaturan APN untuk operator Indonesia.
Telkomsel
APN : telkomsel
Username : wap
Password : wap123

XL
APN : www.xlgprs.net
Username : xlgprs
Password : proxl

Indosat
APN : indosatgprs
Username : indosat
Password : indosat

Matrix
APN : indosat3g
Username : indosat
Password : indosat

IM3
APN : www.indosat-m3.net
Username : gprs
Password : im3

3 (Three)
APN : 3gprs
Username : 3gprs
Password : 3gprs

AXIS
APN : AXIS
Username : AXIS
Password : 123456

AHA
APN : AHA
Username : aha@aha.co.id
Password : aha

Smartfren
APN : smartfren
Username : smart
Password : smart
Semoga artikel Menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot Portabel di OS.7 dapat bermanfaat bagi anda, jika anda mengalami kesulitan silakan untuk bertanya melalui komentar di bawah ini.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Menjadikan Blackberry Sebagai Wifi atau Hotspot Portabel di OS.7 Description: Tips membuat blackberry sebagai router hotspot portable dengan mudah. Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top