728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

03 Januari 2014

Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Memiliki perangkat mobile memang sangat diperlukan dalam kehidupan saat ini. Tetapi, Jerukers tentu akan merasa terganggu apabila ponsel atau tablet Android kalian tiba-tiba menjadi lambat dan kerap mengalami lag.
Jangan khawatir. Tim JerukNipis akan memberikan beberapa tips agar device Android kalian kembali beroperasi dengan cepat dan lebih hemat baterai.
Uninstall atau disable aplikasi yang tak terpakai
Setiap perangkat memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Semakin penuh memori internal terisi, maka akan semakin lambat pula kinerja dari device tersebut. Karena itu, sudah saatnya Jerukers melakukan aksi bersih-bersih. Salah satunya adalah melakukan penyortiraan dokumen foto dan video, serta meng-uninstall aplikasi tak penting.
Untuk meng-uninstall sebuah aplikasi, maka Jerukers hanya perlu masuk ke menu “Setting”. Setelah itu, akses menu “Apps” dan pilih aplikasi yang kalian ingin uninstall. Aplikasi bawaan yang disebut dengan istilah bloatware memang tidak bisa dihilangkan. Tetapi Jerukers tetap bisa menonaktifkannya dengan memilih “Disable”.

Bersihkan cache
Data cache akan selalu muncul seiring dengan penggunaan aplikasi secara terus-menerus. Sayangnya, cache juga akan mempengaruhi peforma perangkat Jerukers. Kalian bisa melakukan operasi pembersihan cache dengan melakukan langkah yang sama seperti yang kalian baca tips pertama. Tetapi bila ingin menghapus cache secara sekaligus, maka kalian memerlukan tool tersendiri.
Gunakan aplikasi App Cache Cleaner atau Clean Master untuk membersihkan cache data di perangkat mobile Jerukers. Keduanya juga tersedia dengan gratis.

Batasi penggunaan widget dan live wallpaper
Keberadaan widget memang akan memudahkan Jerukers dalam mengakses informasi yang dibutuhkan, tanpa harus repot-repot membuka aplikasi yang bersangkutan. Begitu juga dengan live wallpaper yang tentu saja akan membuat smartphone kalian tampak lebih enak dipandang mata. Namun, keberadaan keduanya akan menguras daya baterai.
Kurangi keberadaan widget yang memakan banyak data, seperti Facebook. Caranya juga mudah, Jerukers hanya perlu menyentuh widget tersebut agak lama dan menariknya ke bagian atas layar. Dengan cara ini, maka baterai perangkat kalian akan lebih hemat dan mempercepat pemrosesan sistem.
Live wallpaper juga menjadi salah satu fasilitas yang memperlambat kinerja smartphone dan tablet. Segera ganti wallpaper dengan sebuah gambar statis, niscaya perangkat kalian akan bekerja lebih cepat.

Matikan animasi
Untuk melakukan tips ini, maka kalian harus masuk ke mode developer. Caranya sangat sederhana. Lakukan tap sebanyak tujuh kali di menu “Build Number” yang bisa ditemui di menu “About Phone”, di bagian “Settings”. Setelah itu, Jerukers akan memiliki akses yang lebih luas terhadap ponsel kalian.
Segera masuk ke opsi “Developer” di bagian “Settings”. Cari pilihan “Drawing”. Lalu, matikan “Windows Animation Scale”, “Transition Animation Scale”, dan “Animator Duration Scale”. Setelah selesai, maka ponsel Jerukers akan bekerja lebih cepat daripada sebelumnya.

Selalu update perangkat
Ada alasan di balik perilisan software update. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan dari sebuah perangkat. Karena itu, tak ada salahnya menjadi “banci update” dalam hal ini.
Jerukers sebaiknya selalu memeriksa keberadaan software update secara rutin. Caranya cukup mudah: Kunjungi menu “Settings”, diikuti “About Phone”. Lalu sentuh pilihan “System Updates”. Bila tersedia, maka jangan segan-segan untuk segera melakukan software update.

Rooting dan ROMing
Tips ini sebaiknya dilakukan oleh mereka yang telah benar-benar ahli dan mengerti perangkat Android secara mendalam. Dengan melakukan rooting, maka Jerukers akan memiliki kemampuan untuk overclocking prosesor, meng-install ROM sesuai kebutuhan, dan hal-hal lain yang dirasa perlu.
Namun patut diingat, aktivitas ini wajib didahului dengan melakukan data backup. Selain itu, JerukNipis juga tidak bertanggung jawab apabila perangkat mengalami gangguan pasca rooting dan ROMing.
sumber:http://www.jeruknipis.com/read/2013/11/11/tips-mengatasi-perangkat-android-yang-mulai-lemot
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Mengatasi Perangkat Android yang Mulai 'Lemot' Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top