728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

05 Januari 2014

Bagi pengguna Android kegiatan mendownload aplikasi di Play Store merupakan aktifitas yang sering dilakukan jika ingin mendapatkan aplikasi. Mendownload Aplikasi via Play Store juga dapat mengurangi resiko terserang virus ataupun malware yang banyak terdapat di took aplikasi yang tidak resmi. Karena Play Store telah menjamin keamanan 100% aplikasi yang terdapat didalamnya telah aman dari malware.
Akan tetapi apa yang harus kita lakukan jika Play Store kita mengalami error ketika hendak mendownload aplikasi seperti gambar dibawah ini ?
Cara mengatasi Error di Play Store
Untuk mengatasi permasalahan seperti diatas ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, Beriktu ini adalah Cara mengatasi Error di Play Store :
1. Clear Data dan clear Cache
download manager playstore
Caranya :
    • Masuk ke menu Setting -> pilih Application -> Manage Application lalu pilih ALL
    • Cari google Play Store dan pilih tombol clear data. Tekan Yes untuk melanjutkan
    • Selanjutnya pilih Clear cache dan tekan yes untuk melanjutkan
    • Langkah terakhir tekan uninstall update dan pilih yes untuk melanjutkan prosesnya.
    • Lakukan hal yang sama pada Download Manager
 2. Periksa sisa memory handphone mu
    • Masuk ke menu SD card dan phone storage
    • Priksa sisa ruang memory pada memory internal dengan melihat available space yang tersedia, jika memory telah penuh cobalah hapus beberapa file yang menurut anda tidak terlalu penting
cara mengatasi eror playstore eror playstoreeror playstore
 3.Periksa Koneksi
Jika anda menggunakan jaringan internet via Wi-fi, pastikan jaringan Wi-fi yang anda gunakan mengijinkan anda untuk mengakses Play Store.  Port TCP dan UDP 5228 merupakan port yang digunakan untuk mengakses Play Store. Jika port tersebut tertutup maka kamu tidak akan bisa mendownload aplikasi dari Play Store.
Cara paling mudah untuk mengetahui apakah jaringan Wi-fi memblokir akses ke Play Store adalah dengan mengganti jaringan internet anda dengan jaringan seluler. Jika jaringan wifi anda tidak bisa untuk mendownload aplikasi apapun sedangkan ketika menggunakan jaringan seluler bisa, disarankan untuk mencari area hotspot lain.
 4. jika koneksi anda tidak bermasalah namun anda tetap tidak bisa mendownload aplikasi dari Play Store maka sebaiknya anda menginstal Play Store yang baru dengan mendownload aplikasi via PC.
5. Jika ke empat cara diatas telah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil anda dapat melakukan factory reset. Namun perlu diperhatikan bahwa dengan melakukan factory reset semua data yang terseimpan dalam ponsel anda akan terhapus. Untuk backup data anda sebelum melakukanya.
Cara melakukan factory reset :
Masuk ke menu setting -> Accounts & Sysnc lalu berikan tanda centang pada Background data dan Auto-Sync
    • Pilih akun Gmail anda, dan beri tanda centang Sync Contacts.
    • Masuk ke Settings->Privacy lalu beri tanda centang back up my data serta Automatic restore.
    • Jika Anda ingin membackup sms, serta seluruh data lain yang tersimpan dalam ponsel Anda, Anda dapat menggunakan PC Suite yang disertakan saat Anda membeli ponsel atau bisa mendownload langsung dari situs resminya.
android playstoregoogle playstore
6. Hubungi Google Play Store Support Team
Jika anda masih mengalami kesulitan dalam menggunakan Play Store silahkan hubungi Google Play Store Team di sini http://support.google.com/googleplay/bin/request.py?contact_type=contact_policy&policy=apps
 7. Flashing ROM
Jika anda masih tetap menemui kesulitan ketika melakukan factory reset dan telah menghubungi Google Play Support Tem anda dapat melakukan  flashing ROM dengan membawa ke service center atau melakukanya sendiri
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara mengatasi Error di Play Store Description: Cara mudah mengatasi error download di Google Play Store Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top