728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

31 Desember 2013

Tips Untuk Mempertahankan Performa Android Agar Tetap Awet

Tips Untuk Mempertahankan Performa Android Agar Tetap Awet - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media
- Sesuai dengan judul kali ini saya akan share tentang Tips Agar Android kalian Tetap Smooth,gak lemot dll, bagi kalian pengguna android kelas Menengah kebawah yang serba minim (Ram,Internal,dll) jangan dulu putus asa,karena Tips Kali ini UnduhDroid Akan Berbagi Tips nya disini.

Karena jika kita melakukan perawatan yang benar terhadap perangkat yang kita miliki, maka sekiranya masalah performa yang saya singgung itu tidak perlu terlalu diambil pusing. Nah kebetulan pada posting kali ini saya sedang "mod" untuk membuat satu posting tentang beberapa tips sederhana tentang perawatan yang bisa dilakukan untuk mempertahankan performa perangkat Android yang kita miliki.Berikut Tips nya :

1. Kenali perangkat yang kamu miliki

Ya, hal ini sudah sering saya singgung dalam beberapa tips lain yang sudah pernah saya buat. Karena memang hal ini adalah yang paling mendasar dari semuanya. Jika kita sendiri tidak mengenali perangkat yang kita miliki (spesifikasi nya) maka tentunya kita tidak akan tau performa maksimum yang kira - kira bisa dicapainya. Mengenali perangkat sangat penting untuk menghindarkan kita menjalankan hal - hal (misalnya aplikasi) yang sekiranya terlalu membebani perangkat yang kita miliki.

2. Gunakanlah sewajarnya

Setelah mengenali perangkat yang kita miliki, tentunya kita akan tau batasan - batasan tertentu pada perangkat yang kita miliki. Penggunaan yang wajar tentunya tidak akan terlalu membebani kinerja perangkat kita, yang artinya juga akan membuat perangkat tersebut lebih awet. Karena jika kita menggunakan gadget tersebut diluar batas kemampuannya, bukan tidak mungkin membuat smartphone terlalu panas karena kita terlalu memaksakannya.

3. Hindari menginstall aplikasi yang tidak perlu

Keterbatasan spesifikasi perangkat bukan hanya dari segi prosesor atau RAM saja, tapi juga ruang penyimpanan. Sebaiknya anda harus memilah - milah aplikasi apa saja yang sekiranya anda perlukan untuk di install. Karena jika kita terlalu banyak menginstall aplikasi, tentunya akan membebani ruang penyimpanan. Dan ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga akan mengganggu performa perangkat kita. Jika sudah terlanjur anda bisa melakukan beberapa langkah yang sudah saya posting pada tips mengatasi memory internal penuh atau anda juga bisa memindahkan aplikasi Android ke memory eksternal.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Sudah menghindari untuk menginstall aplikasi, kok disuruh hapus lagi? Aplikasi apa yang harus dihapus? Perlu anda ketahui bahwa saat perangkat masih dalam keadaan baru, pada perangkat yang bersangkutan sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Namun tidak semua aplikasi bawaan tersebut berguna untuk kita bukan? Aplikasi bawaan yang tidak berguna atau biasa disebut dengan istilah bloatware itulah yang harus kita hapus. Namun tidak semua bloatware bisa kita hapus seenaknya. Dan bukan berarti tidak bisa dihapus sama sekali.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan pada Android? Anda bisa melakukannya JIKA perangkat yang anda gunakan sudah di root. Cara root perangkat Android berbeda - beda, tergantung merek, jenis dan versi Android yang digunakan. Silahkan cari di Google dengan format "cara root *perangkat anda*". Setelah di root anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi bawaan Android tersebut.

5. Hindari penggunaan widget yang berlebihan

Jika anda belum tau apa itu widget silahkan baca penjelasannya pada halaman Apa itu widget pada Android? Untuk apa kita menghindari widget? Tujuannya tentu saja agar tidak terlalu membebani perangkat Android yang kita miliki mengingat perangkat yang bersangkutan juga memiliki keterbatasan. Perlu diketahui bahwa menggunakan atau memasang widget akan membebani RAM, sedangkan diperlukan ruang pada RAM yang cukup untuk dapat menjalankan aplikasi lain dengan lancar. Maka dari itu sangat disarankan untuk meminimalisir penggunaan widget.

6. Hindari Live Wallpaper

Live wallpaper adalah wallpaper animasi yang bisa kita pasang pada perangkat Android kita untuk membuatnya terlihat keren. Kalau keren kenapa harus dihindari? Karena penggunaan live wallpaper juga akan membebani perangkat kita sehingga akan sedikit mengurangi performanya. Dan penggunaan wallpaper jenis ini juga akan mengurangi daya baterai dengan (sedikit) lebih cepat sehingga membuat baterai menjadi boros. Jadi buat apa keren kalau performa jadi lemot? Tips lain untuk menghindari borosnya baterai bisa anda simak pada posting Tips menghemat baterai Android.

Sekian,Postingan kali ini Semoga Berguna Trims^^
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Untuk Mempertahankan Performa Android Agar Tetap Awet Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top