728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

16 Juni 2012

Cara Disable Update Otomatis Google Chrome - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Chrome, browser yang satu ini memang cepat sekali perkembangannya dan menjadi favorit bagi internet surfer selain Firefox, karena masing-masing memiliki fitur yang beragam. Namun artikel ini hanya akan mengulas mengenai Cara Men-Disable Update Otomatis Google Chrome. Bukankah akan lebih bagus menggunakan Chrome yang selalu terupdate,mungkin itu kalimat yang terlintas di benak anda.

Menggunakan Chrome (maupun software lain) yang selalu terupdate memang lebih bagus. Tapi kadang kita akan menjadi sangat terganggu bila pada saat sedang menggunakannya, tiba-tiba secara perlahan Chrome mengalami kinerja melambat atau bahkan macet. Terutama hal ini terjadi apabila kita menggunakan internet dengan bandwith yang terbatas ditambah komputer dengan performa biasa. 

Biasanya sebelum melakukan update berupa penginstalan penyempurnaan fitur-fiturnya, didahului dengan check update otomatis. Jadi apabila kita tidak ingin terganggu oleh aktifitas update otomatis yang kadang mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan, sebaiknya disable update dari chrome. Indikasi chrome melakukan update bisa dilihat pada task manager, dimana terdapat aktifitas Google Update pada process.

Men-disable update Chrome berguna bagi anda yang bekerja sebagai administrator jaringan di warnet atau kantor. Ketimbang menerima keluhan dari boss, customer atau pemakai dikarenakan melambatnya komputer saat Chrome melakukan update otomatis, akan lebih baik disable saja update otomatis dari Chrome. Bayangkan jika ada lebih dari 5 komputer pada jaringan, sedangkan bandwith terbatas, pemakai  tentunya tidak akan nyaman, terlebih jika Chrome mengupdate secara bersamaan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk men-disable update Google Chrome (windows XP & windows 7) :
  1. Langkah awal yaitu dengan menambahkan template ke Group Policy Editor. Untuk Windows; caranya terlebih dahulu Download Window Group Policy Template berikut "Google Update Administrative Template" dari situs Google.
  2. Buka grup policy editor, caranya pada START >> RUN >> ketik gpedit.msc >> tekan ENTER
  3. Klik Local Computer Policy - Computer Configuration – Administrative Templates
  4. Lanjut dengan klik Action >> Add/Remove Templates pada Menu Bar.
  5. Akan muncul pop up box, klik Add dan carilah file tempat dimana anda menyimpan file GoogleUpdate.adm ( No. 1. ) dan tutup kembali. Klik Close.
  6. Pada tahap ini anda sudah dapat melihat Local Computer Policy - Computer Configuration - Administrative Templates – Google
  7. Langkah untuk mendisable chek update Chrome adalah hanya menuju item tadi, Administrative Templates - Google - Google Update - Applications - Google Chrome.
  8. Jika sudah ditemukan kemudian klik Google Chrome, disebelah kanan, disana anda akan  melihat Update Policy Override, klik 2x. dan akan Muncul pop up box. Klik Enable, kemudian pada pilihan “policy” dibawahnya klik pada “Updates Disable” dilanjutkan klik OK.
  9. Selesai. Sekarang google chrome sudah tidak akan melakukan check update dan update otomatis lagi.
Catatan Penting !!!
Anda harus mengupdate chrome secara manual demi keamanan & mendapatkan perbaikan yang berguna bagi peningkatan kinerja browser Chrome itu sendiri.
Caranya : anda dapat mengupdate chrome dengan chrome offline installer (TANPA LANGSUNG MELALUI BROWSER). Ini adalah installer alternatif; dimana tidak memerlukan koneksi jaringan untuk menginstal Chrome – dengan kata lain, komputer yang anda gunakan tetap terkoneksi internet tetapi bukan meng-update secara langsung melalui browser – sehingga dapat menginstal ketika sedang offline. Dengan kata lain mendownload langsung update terbaru secara penuh dalam sebuah file installer.


Setelah klik link diatas, akan diarahkan menuju halaman download Google Chrome, pada halaman tersebut akan dihadapkan dua opsi, pilihlah yang sesuai. Setelah terinstal, Chrome akan berusaha untuk secara otomatis memperbarui ketika mendeteksi bahwa versi terbaru dari browser tersedia.

Namun, Google sendiri menyarankan agar pengguna mem-bookmark halaman ini dan datang kembali secara berkala untuk secara manual men-download versi terbaru dari Chrome. Dengan begitu, pengguna dapat yakin untuk menerima perbaikan keamanan penting dan perbaikan fitur.

Semoga artikel Cara Disable Update Otomatis Google Chrome dapat bermanfaat.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Cara Disable Update Otomatis Google Chrome Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top