728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

27 November 2011

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Macet/Tidak Berfungsi - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Mungkin rekan pembaca blog Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media ini pernah mengalami keyboard pada laptop/komputer tidak berfungsi semestinya, biasanya kalau tidak keras saat kita tik, bahkan tidak berfungsi sama sekali. bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Macet/Tidak Berfungsi? berikut adalah pemamaparannya.

Sebelum ke pembahasan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Macet/Tidak Berfungsi, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab rusaknya keyboard laptop / notebook, yaitu :
1. keyboard terkena air
2. akibat debu
3. akibat lembabnya ruangan.

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop / notebook adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau  keyboard laptop / notebook yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.
Hal tersebut terjadi dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.
Ciri-ciri keyboard rusak adalah terdengar bunyi beep berulang-ulang pada saat laptop dinyalakan.
Berikut ini Cara Service Keyboard Laptop / Notebook :
1. Siapkan cutter kecil yang masih baru (tajam)
2. Tentukan tombol keyboard yang kira-kira bermasalah. Dalam kasus ini tombol tab yang rusak.
3. Ambil tombol keyboard yang rusak tersebut dengan mencongkelnya, dan ambil karet yg ada di bawahnya.
4. Dibawah karet ada 2 lapisan karbon yg berbentuk lingkaran. Robek sepertiga lingkaran dari lapisan karbon tersebut.
5. Bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. Kalau terlalu keras dikhawatirkan lapisan karbon ikut hilang.
 

6. Keyboard siap dicoba, dan jika sudah OK, anda dapat memasang kembali karet dan tombol keyboardnya.

----Semoga bermanfaat----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum mas, maf ganggu waktunya....
    netbook saya masih baru,pas saya aktifkan keyboard gk berfungsi semuanya.malah ada tulisan BOOTMGR is missing press Ctrl+ Alt+Del to restart, tp ttep j gk bisa...! saya kembalikan ke produsen gk bisa. tolong penjelasannya mas....!sebelumnya terima kasih banyak....!

    BalasHapus
  2. @ Dedy
    Waalaikumsalam, kalau terjadi seperti itu memang dari windowsnya yang corrupt, saya pernah mengatasi hal yang sama pada notebook rekan saya, hanya di instal ulang saja hal itu dapat kembali ke keadaan normal lagi :)
    semoga membantu dan bermanfaat

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop / Notebook Macet/Tidak Berfungsi Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top