728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

29 Agustus 2011

Perbandingan BlackBerry vs Android - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Blackberry dan Android kini merupakan gadget yang banyak dicari dan dipakai oleh berbagai kalangan di Indonesia. setelah awalnya blackberry mengejar target pasar indonesia, kini android dengan fitur-fitur yang dimilikinya mampu bersaing dengan blackberry yang sudah mengejar target pasar indonesia. Dari sisi kelebihan dan kekurangan, blackberry dan android memiliki kedua sisi tersebut. dan dari beberapa survey di masyarakat mengenai pilihan antara blackberry dan android hasilnya hampir seri, dan jawaban dari mereka kebanyakan berdasarkan fitur, harga dan spesifikasi yang dimiliki. Dari beberapa hal diatas, mungkin ada beberapa poiny yang menjadi Perbandingan BlackBerry vs Android. Apa saja Perbandingan BlackBerry vs Android? berikut pemaparannya :


Perbandingan Fitur Blackbbery dibanding Android:

Kelebihan Blackberry dibandingkan Smartphone dan PDA Phone yang paling utama adalah mengenai koneksi GPRS yang dimiliki, meskipun digunakan secara terus menerus tanpa henti,  koneksi GPRS yang standby terus menerus untuk melakukan push email, baterai blackberry dapat bertahan lama hingga 1 hari. rekan dapat bandingkan dengan smartphone atau pda phone yang mendapat perlakuan sama, pasti dalam beberapa jam saja sudah off.

Kelebihan utama yang lainnya adalah data compression technique di Blackberry yang sangat canggih dan tidak dimiliki oleh vendor lain, dimana email akan di-compress sedemikian mungkin sehingga besarnya menjadi kurang lebih sekitar 2 kb terkecuali jika kita mendownload attachment file. rekan dapat bandingkan dengan email yang didownload menggunakan smartphone atau pda besarnya kemungkinan diatas 2 kb (tergantung ukuran email), kenapa hal itu bisa terjadi? karena proses download menjadi lebih singkat, yang pertama karena size email yang kecil dan kedua adalah biaya per/kb lebih murah karena dengan quota terbatas, email yang didownload blackberry biasanya lebih banyak daripada email yang bisa didownload oleh PDA/smartphone yang lainnya.

Kelebihan lain adalah Data Loss Prevention yaitu apabila blackberry dinonaktifkan tanpa menggunakan battery selama beberapa minggu kemudian dihidupkan kembali, maka semua data saat yang ada ketika terakhir kita melepas battery akan tetap tersimpan dan tidak akan hilang.

Hal yang lainnya adalah mengenai security (keamananan) hal ini juga membuat Blackberry lebih unggul dengan mode encryption 128 bit sehingga kemungkinan data yang disadap juga menjadi lebih kecil selain itu semua aplikasi blackberry harus di-signed oleh RIM sehingga membuat blackberry lebih aman dari virus, spyware dan program perusak lainnya.

Mengenai Stability yang dimiliki Blackberry. Tidak seperti smartphone atau pda, apabila kapasitas RAM turun maka smartphone atau pda akan menjadi lebih lambat bahkan hang. Blackberry tidak akan mengelami hal yang sama walaupun free mem turun/overload, maka fungsi handset tetap seperti biasa.

Dan yang terakhir adalah configuration free. bagi rekan yang merasa bingung setting GPRS, MMS bahkan EMAIL? hal itu tidak berlaku di blackberry karena ketika blackberry on dan terkoneksi lewat BIS atau BES maka semua fungsi internet browsing, gprs, mms dan sebagainya akan langsung tersetting secara otomatis apapun operator yang rekan gunakan. Semuanya berlaku secara otomatis tanpa harus dilakukan konfigurasi ulang oleh user.


Perbandingan Fitur Android dibandingkan dengan Blackberry :
  • Android memiliki Multitasking, yaitu Android dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan (multiple_, yang berarti rekan dapat melakukan browsing, chatting, dan mendengarkan lagu secara bersamaan.
  • Android memiliki Kemudahan dalam Notifikasi yaitu ketika rekan menerima SMS, Email bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi (pemberitahuan) di Beranda Screen Ponsel Android rekan, tidak ketinggalan pula sebagai tanda notification tersebut, Lampu LED Indikator yang ada di ujung kanan ponsel android berkedip, sehingga rekan tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Panggilan tidak terjawab.
  • Android memiliki Akses yang Mudah mengenai Ribuan Aplikasi Android melalui Google Android App Market yaitu hal ini akan sangat membantu rekan yang menyukai aplikasi ataupun games, melalui Google Android App Market rekan dapat mendownload berbagai aplikasi dan games dengan gratis. disana tersedia ribuan aplikasi  dan games yang siap untuk rekan download di ponsel Android yang rekan miliki.
  • Dapat menginstal ROM yang dimodifikasi hal ini berguna bagi rekan yang tidak nyaman dengan tampilan standar Android, rekan tidak perlu khawatir, karena ada banyak Costum ROM yang dapat rekan gunakan di ponsel Android.
  • Google Maniak hal ini sangat membantu anda sebagai pengguna Google yang aktif, mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga rekan dapat dengan cepat mengecek email dari gMail dan browsing melalui google.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. mantab ni infonya, saya lebih milih android ni sobat .... Thanks for share ...

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Perbandingan BlackBerry vs Android Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top