728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

15 Juli 2011

Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda - Bagi sebagian blogger mungkin masih bingung apa itu google panda, dan apa maksud serta tujuan saya menulis artikel mengenai Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda. Baik mari kita simak dengan seksama apa itu pengertian google panda terlebih dahulu.

Google Panda Adalah Program Baru Google.Inc dalam rangka perubahan algoritma baru yaitu penentuan ranking suatu halaman blog maupun website di halaman hasil pencarian google sesuai dengan query (kata kunci) yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian Google. Ini diakibatkan karena banyaknya konten-konten atau artikel-artikel yang bermunculan tanpa memikirkan manfaat bagi pembaca/khalayak ramai, termasuk konten-konten adult (dewasa). Hal ini terjadi secara otomatis berdasarkan metode penilaian baru yang digunakan untuk menyusun peringkat dari yang tertinggi sampai posisi terendah hingga bagi yang tidak memiliki posisi sama sekali. Google Panda diumumkan/diterbitkan pada tanggal 24 Februari 2011.  Perubahan Algoritma Hasil Pencarian Google ini terjadi pada seluruh penjuru dunia, terutama di USA. Masa peralihan ini sangat banyak mempengaruhi blog-blog yang pengunjung terbanyaknya berasal dari Amerika. Salah satu yang paling ditekankan oleh Google adalah yang bersifat content farm sehingga beberapa kalangan blogger mengartikan bahwa Artikel Marketing Would be Gonna Die, akan memusnahkan blog-blog directory yang terlalu banyak mengandung artikel (dokumen) tidak penting dan tidak memberikan manfaat yang nyata bagi end user serta mengandung banyak link-link yang menuju ke website spam, yaitu halaman web yang tidak bertanggung jawab terhadap isi halamannya dengan apa yang dicari oleh orang melalui google.Ini mengakibatkan, beberapa web besar yang berladang konten dan link, serta memperjual-belikan konten dan link harus segera dimusnahkan dari muka bumi ini. Karena website sejenis inilah yang selalu mengundang para spammer-spammer untuk ikut menanam jagung dikebun kita.


Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda sedikit menggelitik mungkin bagi rekan semua, apalagi jika kita sudah berbicara masalah Optimasi dan SEO. Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda sama halnya dengan optimasi SEO yang lain, yaitu menerapkan optimasi SEO on page yang lazim dilakukan oleh blogger agar mendapatkan posisi terbaik di search engine.

Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda saya rasa lebih penting daripada Optimasi SEO Off Page. Karena kebanyakan blogger lebih suka optimasi off page daripada on page, dan salah satu hal buruk yang dilakukan oleh blogger kita adalah ber-SPAM-ria, baik dalam komentar ataupun blogwalking. Perlu kita ketahui semua, Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu.

Jika rekan-rekan masih bingung dengan penjelasan google panda ini, rekan semya bisa telusuri langsung tulisan terbaru dari Amit Singhal yang berjudul "More guidance on building high-quality sites" . Beliau mendefinisikan seperti demikian :
“Our advice for publishers continues to be to focus on delivering the best possible user experience on your websites and not to focus too much on what they think are Google’s current ranking algorithms or signals. Some publishers have fixated on our prior Panda algorithm change, but Panda was just one of roughly 500 search improvements we expect to roll out to search this year. In fact, since we launched Panda, we’ve rolled out over a dozen additional tweaks to our ranking algorithms, and some sites have incorrectly assumed that changes in their rankings were related to Panda. Search is a complicated and evolving art and science, so rather than focusing on specific algorithmic tweaks, we encourage you to focus on delivering the best possible experience for users“.
Melewati tulisan diatas sangat begitu jelas bukan kalau google lebih menekankan usernya untuk dengan penjelasan lain , bahwa sanya optimasi seo on age lebih penting dan sebagai jalan supaya bisa meningkatkan user expriencenya.

Dari beberapa paragraf diatas, mungkin rekan-rekan semua bertanya-tanya Bagaimana Cara Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda? untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak pemaparan cara Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda
  • Kata kunci disarankan harus ada pada title pada artikel
  • Pastikan pula kata kunci itu tertera pada tag header h1 , h2 atau h3 di konten kalian.
  • Adanya gambar pada postingan. Hal ini sangatlah penting dan pastikan gambar itu mempunyai alternatif atau biasa dibilang " ALT "
  • Pastikan keyword utama ada pada artikel dan di akhir artikel , maksudnya jika keyword yang ada di blog kita mempunyai kata kunci " SEO " maka kata kunci tersebut usahakan agar selalu ada pada artikel kita.
  • Pastikan keyword utama atau keyword main density pada sebuah artikel berkisara antara 2% - 5% dimana di setiap paragraf nya mengandung keyword utama dan usahakan buatlah secara alami.
  • Jangan memberikan sebuah external link pada konten tidak relevan atau juga bisa dibilang tidak nyambung dengan artikel yang anda punya , Contohnya jika artikel blog anda membahas tentang seo janganlah memberikan external link ke blog lain yang membahas tentang game.
  • Jika anda menempatkan link pada blog yang tidak relevan pastikan keyword itu memiliki tag "nofollow" supaya menghindari tuduhan perjual belian link.
  • Pastikan artikel blog anda memiliki internal link menuju ke postingan blog anda sebelumnya dan jika anda berkenan pakai lah seo smart link untuk mengotomatis kan internal linking nya
  • <Usahakan memberikan sebuah penekan pada keyword dengan tag bold , underline dan italic.
  • Disarankan ada saat menuliskan artikel minimal mempunyai artikel dengan minimal 400 kata.
  • Gunakan selalu kategori yang relevan pada judul utam artikel blog anda.
  • Saat ini algoritma google panda ini mementingkan tingakt bounce rate atau pentalan dan durasi pengunjung dalam menelusuir blog anda , nah ... related post , internal link dan konten video kini malah bisa meningkatkan optimasi ini.
  • Sebisa mungkin kurangi widget yang tidak begitu bermanfaat.
Beberapa pemaparan diatas mungkin dapat menambah pengetahuan rekan semua akan Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda. akhir kata, untuk Optimasi seo menggunakan algoritma google panda atau ala google panda, gunakanlah fasilitas moderasi komentar, karena semakin banyak komentar yang berisi spam, hal itu dapat memperburuk ranking dan popularitas blog kita dimata search engine.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. terima kasih atas infonya, saat ini saya sedang belajar seo, dan baru mulai mengikuti kontes namun blog saya selalu turn naik terus dan kadang menghilang, oh iya mas saya mo tanya kenapa kalo saya sdang login di blog lalu saya search di google dengan keywords yg dilombakan blog saya ada di peringkat pertama namun jika logout blog saya hilang entah di page berapa..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Optimasi SEO Menggunakan Algoritma Google Panda Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top