728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

21 Juli 2011

Menghapus Data dan Virus Pada System Volume Information Windows - Sistem Volume Information kadang tidak muncul secara otomatis di windows explorer. perlu kita ketahui bahwa folder ini kadang dimanfaatkan oleh virus untuk menyembunyikan diri dan kadang antivirus pun tidak bisa menghapus file yang terinfeksi yang ada di folder ini. Hal ini akan berdampak sangat buruk jika kita tidak segera menghapus virus yang ada di folder ini. lalu bagaimana kita untuk mengakses folder system volume information ini?

Sebelum kita membahas lebih jauh, alangkah baiknya rekan semua untuk mengetahui Pengertian System Volume Information :
Folder “System Volume Information” merupakan Hidden System folder (folder yang tersembunyi/sengaja disembunyikan oleh system windows) yang digunakan oleh System Restore untuk menyimpan informasi dan Restore points. Tetapi saat ini sering menjadi sarang virus


Seperti diketahui, bahwa Windows XP Home/Professional menyertakan fungsi Restore Point, yaitu fasilitas untuk mengatasi ketika ada program baru yang di install dan menyebabkan komputer bermasalah, dengan mengembalikan kondisi windows sesaat/waktu sebelum program baru tersebut di install (disebut Restore Point). Ketika melakukan restore komputer, data atau dokumen tidak akan hilang. Nah, data-data restore point ini disimpan di folder yang namanya “System Volume Information” ini.

Folder ini akan ada di setiap Drive/ Partisi windows, misalnya C:, D: dan lainnya. Memang melihat fungsinya folder ini cukup penting, tetapi kadang bisa berbahaya. Karena aksesnya yang terbatas, maka folder ini sering digunakan oleh virus untuk menyimpan duplikasi dirinya dan virus bisa menyerang lagi (kembali aktif) jika dilakukan restore. Selain itu kita biasanya tidak bisa mengakses folder ini. Bahkan antivirus yang mendeteksi ada virus di folder ini kadang juga tidak bisa menghapusnya.

Beberapa Antivirus tidak bisa membersihkan Virus yang bersembunyi di System Volume Information Windows. Namun dengan menggunakan Ansav kita bisa membersihkan virus sampai ke System Volume Information Windows. Jika anda ingin memiliki Antivirus ini silahkan untuk mendownloadnya di Ansav.com untuk versi terbarunya (Gratis!).

Apabila anda belum memiliki antivirus ini dan belum sempat untuk men-download-nya, maka silahkan coba Tips Artikel Komputer berikut untuk menghapus seluruh data-data Virus yang tersimpan pada System Volume Information Windows anda.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka security folder seperti langkah berikut : Klik kanan pada start – explore all user – Tool – Folder option – view – hilang kan ceklis use simple file sharing – Aplly
  2. Setelah langkah diatas dilakukan, (misalnya Facebooker ingin menghapus data yang ada pada System Volume Information di partisi D)
  3. Klik kanan pada System Volume Information – proprties – security – pilih advanced – Kemudian pilih owner – pilih name user yang ada – ceklist replace owner on…..
  4. Sekarang data yang ada pada System Volume Information sudah dapat dihapus dengan memilih selurh data-data didalam dan delete.
  5. Selesai.
Semoga artikel mengenai  Menghapus Data dan Virus Pada System Volume Information Windows dapat membantu dan bermanfaat bagi rekan semua.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Menghapus Data dan Virus Pada System Volume Information Windows Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top