728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

31 Juli 2011

Dari Mana Pengunjung Blog Anda Berasal? - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Pertanyaan ini mungkin terlintas di benak rekan blogger semua. Pada kebanyakan blogger yang masih start action mungkin masih mencari-cari pengunjung blog, dan mendatangkannya ke blog rekan semua. Tapi perlu kita ketahui bahwa blog kita akan semakin bermanfaat bagi orang lain jika pengunjung yang datang adalah berasal dari mesin pencari (search engine). Kenapa? karena jika artikel kita merupakan keyword yang sangat dicari oleh orang dan sesuai dengan keyword, maka google pun akan memberikan timbal balik yang positif bagi blog kita, baik dari posisi kita di pencarian google, ataupun google pagerank yang menandakan eksistensi kita dimata mesin pencari.

Bagaimana cara meningkatkan trafik pada blog tanpa harus bergantung pada mesin pencari? Inilah pertanyaan yang sering kali muncul oleh seorang yang baru mulai ngeblog.

Ketika sebuah blog baru dibuat, salah satu sumber trafik pengunjung yang bisa diharapkan adalah mesin pencari. Mesin pencari memang memegang peranan penting dalam mendatangkan trafik yang deras untuk blog. Namun dibutuhkan kerja keras yang lebih untuk menikmatinya. Misalnya dengan membuat content yang original serta mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization), sehingga posisi blog kita pada mesin pencari mendapat peringkat yang bagus.

Kalau begitu apakah ada cara lain untuk meningkatkan arus trafik blog tanpa bergantung mesin pencari? Ada, kira-kira ada 8 cara yang bisa Anda coba. Berikut 8 tips dari saya.
  1. Rajin-rajinlah berkomentar pada blog orang lain. Berikan komentar yang sesuai dengan artikel, jangan hanya berkomentar untuk “membuang sampah sembarangan” alias SPAM. Usahakan agar Anda menjadi komentator yang pertama. Jika blog yang Anda komentari dikunjungi oleh ribuan visitor perharinya, maka bersiap-siaplah kecipratan derasnya pengunjung lain yang mampir.
  2. Kalau Anda rajin mengirim email ke surat pembaca media cetak, gunakan alamat email yang berakhiran domain blog Anda. Dengan semakin sering domain blog Anda muncul, bisa jadi para pembaca media cetak tersebut akan langsung berselancar di blog Anda. Kalau bisa gunakan kata-kata email Anda pada surat pembaca untuk menginformasikan pembaca membuka blog Anda, bahwa ada sesuatu yang berguna disana. Ingat menginformasikan berbeda dengan merekomendasikan. Jangan sampai email Anda tidak dimuat karena memiliki “iklan terselubung”.
  3. Berikan email signature atau tanda tangan pada email untuk mengarahkan pembacanya mengunjungi blog Anda misalnya dengan mencantumkan alamat blog Anda. Misal: WWW.ASRIZAL.WEB.ID | Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media Lets Share Knowledge. Jadi gunakan selalu email resmi yang berakhiran domain Anda untuk mengirim email kepada sebanyak mungkin orang. Dan lagi-lagi saya ingatkan, HINDARI SPAM!
  4. Manfaatkan fasilitas signature pada forum diskusi online. Isinya bisa seperti pada signature email Anda. Kalau Anda termasuk sebagai member yang aktif maka member lain tidak akan segan-segan mengakses blog pribadi Anda. Jadi jangan cuma sering bertanya pada forum, tapi sering-seringlah memberikan solusi serta pendapat yang berguna bagi member lain.
  5. Buatlah hasil karya yang bisa didistribusikan secara online. Saya secara pribadi sering manggunakan ecard sebagai salah satu sarana promosi. Misalnya dengan membuat ecard berbasis flash lalu mengirimkannya ke babaflash.com. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog Anda, karena biasanya tidak ada larangan untuk itu. Semakin banyak orang yang mengirim ecard Anda, akan semakin terkenal pula nama blog Anda.
  6. Tidak semua redaksi suatu media cetak maupun elektronik mempunyai ide untuk menulis artikel setiap harinya. Maka Anda bisa memberikan informasi bahwa blog Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka dengan sukarela membahas blog Anda dalam tulisannya. Kalau Anda bisa, tulis saja sendiri artikel yang sesuai dengan rubrik media tersebut serta tema blog Anda lalu mengirimkannya kepada mereka.
  7. Buatlah artikel yang melibatkan blogger lain dalam penulisannya. Misalnya dengan mengutip dan mengomentari tulisan salah seorang blogger terkenal di blog Anda. Istilah yang sering dipakai oleh blogger untuk hal ini adalah seperti “bermain PING PONG”. Berikan umpan kepada orang lain berupa pendapat Anda serta link yang menuju ke blog mereka. Kalau Anda cukup beruntung, maka blogger tersebut akan memberikan link ke pada blog Anda dalam salah satu artikelnya.
  8. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan blog Anda dalam media jaringan periklanan online gratis. Yang saya maksud bukan iklan baris. Bentuknya mirip dengan AdWords milik Google, tapi media ini tidak berbayar alias gratis. Salah satunya adalah Adgridwork.com. Kita diperbolehkan memasang iklan tentang blog kita pada situs orang lain dengan persyaratan kita juga mau memasang iklan orang lain pada blog kita. Caranya cukup dengan memasang beberapa baris JavaScript yang telah disediakan pada blog kita. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disitus tersebut.
Semoga artikel Dari Mana Pengunjung Blog Anda Berasal? dapat bermanfaat bagi rekan semua.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

7 komentar:

  1. padahal saya sering meninggalkan jejak di blog2 yang saya kunjungi tetapi kenapa ya blog saya masih sepi???
    *saya sudah berkomentar sesuai dengan isi artikel yang saya baca
    mohon sarannya...
    terima kasih

    BalasHapus
  2. @ Complete All in One
    Memang dibalik itu semua, SEO berperan penting, kalo memang masih belum banyak rekan blogger yang tau dan mengunjungi, lakukanlah blogwalking ke blog2 yang memang masih aktif blogwalking.

    BalasHapus
  3. Thanks..kawan selain SEO ada juga faktor 'lucky' sebenarnya..

    BalasHapus
  4. Sayang web saya bukan blog . . Klo web saya pengunjung bisa dari iklan yg saya lakukan maupun dari search google

    BalasHapus
  5. kayaknya yag paling manjur itu blog walking

    BalasHapus
  6. artikel yang bagus gan..mank btul, ada b'brpa org yg hx mengejar "pertamax", komen sih komen, tp komenx mungkin krang b'kaitan dgn content...
    kembali lg, it's a visitor..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Dari Mana Pengunjung Blog Anda Berasal? Description: Cara mengetahui darimana pengunjung blog berasal. Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top