728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

18 Juli 2011

Cara Membuat Password yang Aman - Password yang aman adalah password yang hanya diketahui oleh si pembuatnya dan tidak diketahui oleh orang lain. Password banyak digunakan demi sebuah keamanan. baik account email, facebook, blog, ATM dsb. Terkadang orang hanya asal-asalan dalam membuat password, dan alhasil mereka kerepotan ketika account yang di password kebobolan. Password juga merupakan salah satu cara untuk mengamankan suatu sistem komputer. Sistem komputer ini bisa berupa aplikasi, database ataupun sistem operasi. Oleh karena itu dalam menentukan password sebaiknya jangan sembarangan dan harus memperhatikan beberapa hal tertentu demi menjamin keamanan password.
Beberapa hal dibawah ini adalah poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam membuat password :
  • Paling tidak panjang karakter password adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga bisa membuat password yang lebih panjang lagi demi keamanan.
  • Menggunakan sedikitnya 1 (satu) karakter simbol pada deretan karakter password Anda
  • Jika sistem Anda menerapkan password history, maka pastikan password baru Anda selalu berbeda jauh dengan password sebelumnya 
  • Password Anda jangan sampai mengandung nama atau username
  • Jangan gunakan kata-kata yang umum digunakan pada karaktar password. Ini termasuk kata-kata yang digunakan dalam kamus
Beberapa contoh password yang kuat dengan kombinasi huruf, angka dan simbol. misalnya sebagai berikut :
  • a4$Jhi&]
  • 3k>i%uA
  • O@u#5nQ
Password sebenarnya merupakan sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem komputer. Untuk itu memilih password yang kuat merupakan suatu keharusan dalam menentukan keamanan proteksi anda. Mengapa demikian? Tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password, hal ini di dukung juga dengan komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya butuh waktu seminggu untuk di-crack, maka saat ini bisa di-crack hanya dalam beberapa jam saja bahkan dalam hitungan menit/detik.
Software untuk meng-crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: 
  1. Menebak secara pintar (intelligent guessing)
  2. Serangan kamus (dictionary attack)
  3. Otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. 
Jika diberi waktu yang cukup, maka metode otomatisasi tersebut bisa meng-crack password apa saja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.
Hal-hal diatas merupakan cara yang saya gunakan dalam membuat password yang aman. Namun ada beberapa hal yang perli diperhatikan untuk menghindari key logger. Untuk menghindari program seperti keylogger (program yang mencatat pengetikan keyboard), pola pemasukkan password bisa anda ubah.

Berikut caranya:
  • Contohnya password anda adalah 12345
  • Cara penulisannya anda masukan dahulu angka 45, terus pindahkan kursor mouse anda ke depan, baru ketik 123
  • Cara lainnya yg lebih rumit adalah masukan angka 5 dahulu, terus tekan tombol ‘home’, terus ketik 4 lalu tekan tombol ‘home’ lagi, setelah itu baru pindahkan kursor dan baru ketik 123
NB: Keylogger pada umumnya tidak mencatat pengetikan tombol ‘home’, ‘end’, ‘insert’, sehingga bisa rekan semya padukan atau di buat suatu variasi baru yang akan membingungkan pencuri password.
Cara ini memang terbilang rumit tapi efektif untuk mencegah pencuri password. Selain itu masukkan password anda terlebih dahulu, baru user id belakangan sehingga pencuri password otomatis akan mengira bahwa anda memasukan user id dahulu baru password sehingga account anda akan aman bila terjadi kecurian dengan keylogger.
Sumber : Buku Indonesian Hacker History dan Pengetahuan saya tentang Cara Membuat Password yang Aman
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Makasih sob,, atas infonya
    ini sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya...

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Cara Membuat Password yang Aman Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top