728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

28 Februari 2011

PCMAV 4.7 Update Build 1, PCMAV Terbaru, Clamav 0.97.0, PCMAV Februari - PCMAV Maret 2011 Telah Dirilis. PC Media - Anti virus PCMAV terbaru bulan ini, PCMAV 4.7 telah hadir bersama diterbitkannya majalah PC Media edisi 03/2011 bulan Maret 2011.

Namun demikian, nampaknya edisi 03/2011 majalah PC Media lambat beredar meski di situs resminya telah lama dipublikasikan. Saat kami mendapatkan majalah ini, PCMAV 4.7 update buil 1 telah tersedia pada server update.

Sementara itu, generasi terbaru PCMAV 5 dengan codename "Valhalla" masih dalam proses pengembangan dan saat ini PCMAV Valhalla telah mencapai tahap beta (menurut situs resminya). Tidak menutup kemungkinan PCMAV 5.0 Valhalla akan dirilis dalam satu atau dua bulan mendatang.

Rilis PCMAV 4.7 yang merupakan PCMAV terbaru bulan Februari 2011 - Maret 2011 datang dengan beberapa penyempurnaan dan update database pengenalan virus baru.

Database pengenalan virus telah diupdate sehingga PCMAV 4.7 Ragnarok3 kini mampu mengenali 3.923 virus beserta variannya dan update build 1 telah menambahkan pengenalan terhadap 72 virus baru. Perbaikan bug yang ditemukan pada versi sebelumnya dan penambahan removal engine khusus untuk pembersihan tuntas virus Fanny, Rascal.B, FakeAV-Downloader.G, Delp-Shortcut beserta variannya juga telah ditambahkan pada PCMAV 4.7.

Seperti biasa, kami mengingatkan Anda untuk membaca README.txt yang disertakan dalam paket PCMAV 4.7 sebelum menggunakannya.

Cara menggunakan PCMAV 4.7:

Salin paket PCMAV 4.7 dari DVD PC Media ke dalam hardisk sehingga Anda mendapatkan PCMAV 4.7 yang siap digunakan.

Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV 4.7 dari sini.

Matikan terlebih dahulu PCMAV versi sebelumnya dengan cara meng-klik kanan ikon PCMAV (bebek kuning) pada notifikasi area lalu pilih menu "exit".

Tunggulah beberapa saat hingga proses PCMAV.exe dimatikan, jika perlu Anda dapat memastikan apakah proses PCMAV.exe telah benar-benar dimatikan melalui task manager. Copy paste semua file dan folder PCMAV 4.7 ke folder di mana PCMAV lama diletakkan (silahkan timpa semua file dan folder lama), sebagai contoh, kami letakkan di folder "D:\PCMAV\". Seharusnya pada folder PCMAV akan terdapat file PCMAV.exe, README.txt, dua buah folder masing-masing adalah folder "lib" yang berisi file library PCMAV, "vdb" yang berisi file-file vdb dan sebuah folder bernama "plugins" yang bersisi folder "Clamav" jika Anda telah mengintegrasikan Clamav bersama PCMAV.
Catatan: Bila ingin memanfaatkan fitur exception dan proxy, Anda dapat membuat exception.txt dan proxy.txt menggunakan notepad lalu menyimpannya pada folder yang sama (silahkan baca README.txt untuk informasi lebih lengkap).
Cara menggabungkan Clamav bersama PCMAV 4.7:

Download dan extract Clamav engine terbaru. Letakkan semua file yang Anda dapatkan pada folder "D:\PCMAV\plugins\Clamav\" sehingga pada folder tersebut terdapat file-file library Clamav dan msvcrt serta file definisi virus Clamav berupa "main.cvd" dan "daily.cvd" yang mana Anda perlu men-download-nya terlebih dahulu.
Catatan: Anda juga dapat menambahkan dua file database signature baru Clamav, "bytecode.cvd" dan "safebrowsing.cvd" dan meletakkan pada folder yang sama agar pengenalan virus yang diperoleh menjadi lebih besar (lebih dari 1.300.000 virus beserta variannya).
Perlu Anda ketahui, pada penggabungan PCMAV dengan ClamAV, file signature yang wajib ada adalah main.cvd dan daily.cvd sedangkan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd bersifat opsional. Tentang bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd.

Setelah semua file yang dibutuhkan lengkap, jalankan PCMAV 4.7 dengan cara mengklik ganda pada file PCMAV.exe, beberapa saat kemudian PCMAV akan memeriksa apakah pada komputer masih mejalankan library PCMAV versi sebelumnya (PCMAV 2.3, Ragnarok2 TP, Ragnarok2 beta atau PCMAV 4.0 - PCMAV 4.2). Jika ditampilkan dialog Information, silahkan ikuti dengan mengklik tombol "OK" untuk merestart komputer Anda.
Catatan: Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan PCMAV, silahkan tempatkan semua file PCMAV 4.7 dalam satu folder lalu jalankanlah PCMAV.exe, seharusnya dialog Information tidak Anda dapatkan.
Cara mengupdate otomatis PCMAV update build dan definisi virus Clamav:

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang telah tersedia saat komputer dinyalakan maka secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update definisi virus, baik PCMAV update build maupun Clamav. Namun, bagi pengguna yang tidak secara langsung terhubung ke internet atau pengguna internet dialup, silahkan hubungkan komputer dengan internet terlebih dahulu, klik kanan ikon PCMAV lalu pilih menu "update", secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan PCMAV update build (cara ini tidak berlaku untuk mengupdate definisi virus Clamav, namun ketika update build PCMAV telah tersedia maka otomatis definisi virus Clamav juga akan turut diupdate).
Peringatan!!!: Sebaiknya Anda membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di  http://forum.virusindonesia.com/.

Hak Cipta PCMAV adalah milik Majalah PC Media - Pinpoint Publications Group.

Link ke halaman download PCMAV 4.7 dan Clamav Terbaru :
Download Clamav 0.97.0 :
Download Clamav virus definisi :
Download new database signature ClamAV :
Catatan: Jika dengan cara penunjukan langsung pada link, browser Anda gagal mendownload keempat file database signature tersebut, silahkan klik kanan pada masing-masing link lalu pilih menu "Save Link As" / "Simpan Tautan dengan Nama..." untuk mendownloadnya.
Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: PCMAV 4.7 Update Build 1, PCMAV Terbaru, Clamav 0.97.0, PCMAV Februari - PCMAV Maret 2011 Telah Dirilis Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top