728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

19 November 2010

Dumb Terminal, Smart Terminal dan Intelligent Terminal, Pengertian Dumb Terminal, Pengertian Smart Terminal, Pengertian Intelligent Terminal dan Macam - Macam Terminal. ketika saya browsing masalah ini sangat sedikit sekali referensi dan pengertian yang membahas masalah hal ini. untuk itu saya posting mengenai Dumb Terminal, Smart Terminal dan Intelligent Terminal dan semoga dapat membantu sobat semua yang mencari mengenai hal ini.

Dumb Terminal
Pengertian Dumb Terminal sendiri sangatlah bergantung pada konteks untuk apa ia digunakan. Hubungannya dengan komputer terminal tradisional yang masih menggunakan koneksi RS-232, maka dumb terminal dapat diartikan sebagai komputer terminal yang dapat menterjemahkan sebagian dari kode kontrol (CR, LF dan sebagainya) tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memproses karakter khusus yang dapat menjalankan fungsi seperti clearing a line, clearing the screen, atau controlling cursor position. dalam konteks ini dumb terminal terkadang disebut juga sebagai glass teletype yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti teletype. Dumb terminal tipe ini masih dapat mendukung sistem bertipe unix moderen apabila environment variabel nya dirubah dari TERM menjadi dumb. Smart atau intelligent terminal juga memiliki kemampuan untuk memproses karakter khusus, terutama pada tipe VT52, VT100 atau ANSI escape sequances.
Dalam konteks yang lebih luas mencakup semua bentuk dari keyboard/monitor, personal computers, diskless workstations, network computers, thin clients, dan X Terminals, maka istilah dumb terminal terkadang digunakan untuk menunjukkan semua tipe dari komputer terminal tradisional yang menggunakan koneksi RS-232 yang tidak dapat memproses data ataupun mengeksekusi program.
Istilah dumb terminal terkadang juga di artikan sebagai komputer terminal umum (public computer terminal) yang hanya terbatas pada kemampuan menampilkan text monochrome, atau sebagai terminal yang akan langsung mengirimkan setiap karakter yang diketik daripada menunggu sampai komputer host memintanya.

Dumb Server
Suatu server, dimana klien-klien yang dilayaninya, tidak mempunyai program aplikasi sendiri. Jadi seluruh program aplikasi yang dibutuhkan dan aktivitas-aktivitas klien dilakukan melalui server ini.

Dumb device
Suatu perangkat yang pekerjaannya dikontrol oleh perangkat lain. Misalnya printer, sound card, dsb.

Smart Terminal
Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Smart terminal mempunyai alat proses dan memory di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukan dapat di koreksi kembali walaupun demikian terminal jenis ini tidak dapat di program oleh pemakai.
 
Intelligent Terminal

Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

4 komentar:

  1. salam kenal .
    makasih buat infonya .
    sukses .

    BalasHapus
  2. salam kenal .
    nice post .
    thanks for share .

    BalasHapus
  3. gan , minta contoh dari masing-masing terminal dongg ,

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Dumb Terminal, Smart Terminal dan Intelligent Terminal Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top