728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

09 Oktober 2010

Membangun Backlink yang Berkualitas merupakan prinsip yang harus dipertahankan oleh blogger. backlink dapat berupa sisi penting dalam menerapkan teknik SEO. banyak sekali blogger yang belum memahami arti penting backlink seperti saya ini, terlebih saya masih awam dalam berkecimpung dalam dunia blogging dan SEO, namun setiap ilmu yang saya dapatkan akan saya update dan share buat sobat blogger semua. Membangun backlink yang berkualitas itu perlu, bagaimana caranya? saya sendiri masih bereksperimen, apakah artikel yang memuat mengenai judul Membangun Backlink yang Berkualitas yang hampir sama dengan yang saya tulis ini benar adanya, tapi tak ada salahnya untuk mencoba. backlink yang berkualitas memang banyak cara, banyak jalan menuju roma begitupun backlink, semakin banyak backlink maka akan semakin baik rank blog kita dimata search engine. perhatikan backlink yang sobat dapatkan, apakah sudah merupakan backlink berkualitas atau bukan? dibawah ini ada beberapa prinsip utama membangun backlink berkualitas.
  • Prioritaskan link berbentuk One Way Link, artinya link yang berasal dari situs luar ke website kita tanpa adanya link dari web kita ke situs  tersebut. Jadi hanya satu arah. Bukan tukar link.
  • Prioritaskan untuk mendapatkan Backlinks dari  situs-situs yang memiliki PR (page rank) minimal 1.  Semakin besar pagerank sebuah situs, semakin bagus kualitas link yang kita peroleh.
  • Upayakan dapat Backlink dari situs-situs yang Dofollow bukan yang Nofollow. Baca : Blog Dofollow PR Tinggi dan Keuntungan dan Kelebihan Blog nofollow
  • Jika anda akan melakukan tukar link dengan situs  lain, jangan dengan sembarang situs. Usahakan situsnya sejenis atau saling terkait. Ini yang dimaksud dengan Link Berkualitas. Lebih bagus dapat 50 link dari situs  setopik, dibandingkan dapat link 100 dari beda topik.
  • Jika anda tukaran link, perhatikan dulu di halaman mana URL situs anda diletakkan. Baca : Perbedaan Backlink Homepage dan Subpage. Perhatikan PageRank halaman tersebut. Jika PR = 0, sebaiknya tidak ikut / jangan dilakukan.
  • Perhatikan pula pada halaman pertukaran link itu, berapa banyak link situs lain disana. Cari yang dibawah 50 link  dalam satu halaman.
Banyak memang ketentuannya, terutama jika sifatnya bertukar link atau link exchange. Tapi kalau One Way Backlinks pun hal itu tidak dipersalahkan. Walaupun dari situs PR - 0 juga tidak jadi masalah, asalkan kita tidak me-link ke situs itu.

Bagaimana cara mengetahui PageRank sebuah Situs dan juga mengetahui situs itu DoFollow atau NoFollow?
Klik disini untuk download addon Pagerank Status

Untuk mengetahui blog Dofollow atau Nofollow dapat dibaca pada postingan : Cek Blog Dofollow atau Nofollow dengan Addon Mozilla.

Membangun Link dengan Submit Directory
Salah satu langkah penting dalam mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan mendaftarkan web/blog  kita ke berbagai Directory.

Tujuannya, agar situs kita mendapat high rank di mata search engine termasuk Google. Semakin banyak web kita listing di directory-directory, semakin besar  pengaruhnya. Oleh sebab itu, betapapun mungkin memang menjemukan dan melelahkan, lakukan tugas ini dengan sabar dan telaten (slow but sure). begitulah prinsip membangun backlink yang berkualitas.

Situs directory yang sangat penting untuk anda daftarkan adalah situs berikut ini (walau memang tidak selalu lolos, tapi tak ada salahnya anda coba).
http://www.dmoz.org/add.html

   (langsung ke halaman paling bawah lalu klik tulisan "Proceed ...."

Beberapa hal yang harus diingat:
Pendaftaran ke Directory, bukan iklan. Oleh sebab itu berikanlah informasi yang tepat tentang apa website/blog anda. Beberapa directory sangat ketat meloloskan submission ini, terutama Dmoz. Karena itu, isilah Title dan Description dengan benar (bukan iklan). Lalu letakkan Hanya di Kategori yang Sesuai dengan isi website kita. 
Penting sekali, saat melakukan tugas ini untuk fokus hanya submit anda saja, jangan tergoda untuk melihat tawaran-tawaran submission lain yang ada disitu. 
Gunakan email lain saat melakukan submit ini, sebab tak tertutup kemungkinan ada iklan-iklan penawaran dari situs situs directory itu. Lumayan mengganggu juga kalau banyak iklan yang masuk ke email kita!.
Yang perlu anda submit hanya alamat Url Domain Utama saja bukan halaman artikel/sales letter. 
Submit Directori ini cukup hanya Satu Kali. Kalau berulang bisa dianggap SPAM oleh situs itu.

Daftar Beberapa Web Directory:
Ada banyak sekali situs directory. Beberapa diantaranya adalah  directory khusus web Indonesia. Anda bisa mencarinya di Google, dengan kata kunci Directory Indonesia, Submit URL Directory, Direktori Indonesia, dlsb.
Beberapa web directory yang biasa saya gunakan :
http://www.turnpike.net/directory.html
http://www.littlewebdirectory.com/links.asp
http://www.wikidweb.com/
http://www.onemission.com/d.pl
http://websitespromotiondirectory.com/
http://www.webworldindex.com/
http://www.jayde.com
http://Technorati.com
http://blogcatalog.com
http://www.bloghop.com
http://www.lsblogs.com/
http://www.blogtoplist.com
http://boingboing.net
http://www.globeofblogs.com/
http://www.bloggapedia.com
http://www.blogdigger.com
http://www.zimbio.com
http://www.blogged.com/
http://www.feedage.com
http://www.blogpulse.com/submit.html

Sebetulnya masih banyak sekali. Silakan anda cari  sendiri ya ... Jika pasar target anda Indonesia, jangan lupa untuk submit URL web anda juga ke situs direktori Indonesia tsb.

Note : Hal yang harus sobat blogger semua lakukan
Sobat bisa menggunakan bantuan layanan dari dua situs submission berikut ini, untuk dengan mudah mendaftarkan URL anda. Sifatnya semi otomatis, jadi sangat memudahkan langkah kerja kita. Sayangnya semua directory berbahasa asing. Belum ada Indonesia. yang terpenting adalah directory ini bermanfaat bagi kita semua.
Silakan submit blog/web anda dengan 2 submitter dibawah ini:
1.   http://www.submitterbot.com/  (696 lebih direktori)
2.   http://easysubmits.com/
CATATAN:
Saat mengisi Title dan Description, gunakan bahasa Inggris, tapi juga campur dengan keyword bahasa  Indonesia (jika situs anda situs berbahasa Indonesia).
Bagaimana tanggapan sobat mengenai membangun backlink yang berkualitas? jika mempunyai pengalaman lain, silakan untuk berbagi dan mengungkapkannya di form komentar.
----Semoga Bermanfaat-----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 komentar:

  1. mkasih infonya... saya sudah submit jg ke beberapa web directory diatas :D

    BalasHapus
  2. wahhhhh mantap ini info dari mas izal...keren,yang jelas link dari blog ini berkualitas kan..heheh
    oya mas emoticon ku yang di komentar hilang tuh..pengen punya yang kaya beginian

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. satu lagi usahakan. cari backlink di situs berdomain dot edu. saya belum tahu alasannya tapi banyak blogger mendewakan dan berburu backlink dari domen dot edu

    BalasHapus
  5. Waduh saya lagi krisis backlink nih sob,,, semua backlink saya amblas,, gak pernah naik, malah berkurang dari waktu ke waktu..... Bisa ngasi solusi gak sob???? ditunggu solusinya sob,,, Thx before....

    BalasHapus
  6. @ Asis
    saya rasa itu memang dari tukar link yang mengesampingkan konten blognya, coba bertukar link dengan blog yang satu konten, dan apabila mempunyai pagerank usahakan bertukar link dengan yang mempunyai pagerank/dengan pagerank yang lebih tinggi. itu akan lebih baik :n:

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Membangun Backlink yang Berkualitas Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top