728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

14 Oktober 2010

6 List Blog Aggregator. Blog aggregator mungkin bukan hal yang aneh lagi bagi sebagian sobat blogger yang sudah menggunakan, bahkan menyajikan tutorialnya. Blog aggregator juga kini tersedia dalam beberapa template yang dikhususkan memiliki fitur aggregator yang di design khusus dan tampil beda dengan template yang lain. pada postingan sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai Cara Membangun Backlink yang Berkualitas. Bagi sobat blogger yang sudah mengetahui apa itu blog aggregator pasti sudah mengenal kelebihan dari aggregator ini, tetapi mungkin sebagian blogger juga belum mengenal pasti apa itu blog aggregator, untuk itu saya posting dalam artikel ini.

Apa Itu Blog Aggregator?

Blog aggregator adalah salah satu jenis blog yang isinya mengaggregate artikel atau tulisan dari blog lain yang dianggap berguna bagi pembacanya. Mungkin anda sudah mengetahui teknologi sindikasi halaman blog yang dapat meringkas isi artikel blog ke dalam bentuk feed atau atom sehingga mempermudah anda untuk membacanya dari feed reader anda. Lantas apa bedanya dengan berlangganan feed langsung dari blog yang anda favoritkan?
Perbedaannya adalah blog aggregator ini membantu anda untuk memfilter artikel-artikel yang anda rasa lebih bermanfaat untuk dibaca. Karena saya juga yakin tidak semua artikel atau tulisan yang anda subscribe dari blog favorit mungkin berguna untuk anda baca. Jadi blog aggregator ini dapat membantu anda untuk mengefisiensikan waktu baca untuk memilih topik artikel yang anda inginkan.
Contoh kasusnya tentang teknologi. Mungkin anda termasuk penggemar update informasi teknologi terkini. Lalu anda ingin berlangganan tulisan dari blog-blog yang membahas tentang teknologi. Tentu saja jumlahnya ada jutaan di internet saat ini. Untuk membantu menyaringnya, sebagai contoh anda mempercayakannya kepada techmeme.com. Ketika anda berlangganan feed dari techmeme dot com tentu anda akan mendapat artikel-artikel tentang teknologi yang sudah dipilih oleh pengelola dan pengguna techmeme dot com tersebut. Sehingga anda tidak perlu lagi berlangganan dari setiap pemilik blog dari artikel yang muncul di techmeme dot com tersebut.

Got what I mean?

Manfaat dari blog aggregator ini tentu saja membuat anda tidak perlu repot-repot untuk klik sana-sini, mencari artikel atau tulisan dengan topik yang anda inginkan. Saya yakin melakukan pencarian sana-sini justru lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan cukup mendatangi blog aggregator kesayangan anda. Sungguh lebih mengefisiensikan waktu anda.

Perbedaan Blog Aggregator dan Social Bookmarking?

Sedikit tambahan, mungkin muncul pertanyaan dari sebagian yang membaca tulisan ini perbedaan antara blog aggregator dengan social bookmarking seperti digg.com. Menurut saya blog aggregator menggunakan teknologi sindikasi dalam bentuk RSS, Atoom, atau bentuk XML lainnya ke dalam blognya sehingga memang artikel yang dimuat dipilih sesuai topik yang diinginkan sang pengelola. Memang tidak mutlak seperti itu juga. Terkadang blog aggregator juga bisa di submit oleh kontributor. Dan tidak selalu mencakup satu topik namun ada juga blog aggregator yang mencakup topik artikel yang luas.
Sedangkan social bookmarking, menurut saya merupakan situs yang murni memasukkan artikel yang dipilih dari penggunanya. Dari namanya saja sudah bookmarking. Jadi anda bisa membookmark artikel favorit anda melalui penyedia jasanya dan berbagi kepada pengguna lainnya.
Untuk lebih jelasnya tentang teknologi aggregator mungkin bisa anda baca di laman Wikipedia. Dan salah satu teknologi aggregator yang digunakan oleh salah satu blog aggregator Indonesia Planet Terasi yaitu http://www.planetplanet.org/
Oke tidak perlu berlama-lama lagi, ini dia 6 list blog aggregator yang sering saya kunjungi
  1. Blog-Indonesia.com – Capturing the face of Indonesia one blog at a time…  blog-indonesia adalah salah satu blog aggregator yang cukup terkenal id indonesia. Mengaggregate banyak artikel blog indonesia dan pernah juga merangking blog Indonesia.
  2. Planet Terasi – Merupakan blog aggregator dari Indonesia yang membahas seputar update informasi teknologi terbaru dari blogger Indonesia.
  3. Techmeme.com Salah satu situs blog aggregator favorit saya untuk mengetahui update informasi teknologi terbaru
  4. Blogcatalog.com Blog Aggregator yang satu ini memiliki satu kelebihan yaitu memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi di antara komunitas blogger yang menggunakannya. Fitur social medianya sangat membantu untuk mendalami dunia blogging lebih dalam.
  5. Technorati Sebenarnya Technorati adalah salah saru blog search engine yang populer di dunia. Namun bisa saya klasifikasikan sebagai blog aggregator karena memang banyak mengaggregate artikel blog secara real-time. Kelebihannya selain menduduki peringkat ketiga blog search engine dunia yang pasti Technorati memiliki network yang bisa anda manfaatkan untuk promosi blog dan market target untuk advertiser.
  6. Google Blog Search Salah satu alternatif dari blog aggregator yang bisa anda sinkronkan dengan akun Google anda.
Nah sobat semua sudah mengerti kan apa itu blog aggregator, manfaat dan kegunaanya juga perbedaannya dengan social bookmark?jika mempunyai pengalaman lain, silakan untuk menambahkan dalam isi komentar.

-----Semoga Bermanfaat-----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

4 komentar:

  1. template agregator itu yg kaya gimana yh sob, tp sayangnya g ada yg gratis di o-om aja bayar he... he.. sekalian saya follow sob follow balik yah

    BalasHapus
  2. beberapa sudah saya kunjungi..nice info friend

    BalasHapus
  3. piye men dapet berita update

    BalasHapus
  4. oh kegunaannya liat situs2 yg kita suka dalam satu situs aja (aggregator)

    trus hubungannya dengan SEO gimana ya sob? ada ga'? bingung nih hihihi

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: 6 List Blog Aggregator Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top