728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

05 September 2010

Beberapa hari ini aktifitas saya padat sekali di dunia offline, hingga aktifitas rutin saya blogwalking mengunjungi blog sahabat sedikit terbengkalai, ditambah dengan kesibukan edit template hingga membutuhkan waktu 2 hari. Pada saat blogwalking, saya menemukan beberapa blog yang adminnya sama akan tetapi kenapa domainnya beda, bahkan ada lagi ketika saya klik link blog tersebut tiba-tiba yang muncul adalah " blog yang anda kunjungi tidak kami temukan, dan nama blog tidak tersedia untuk didaftarkan" lho kenapa ya? saya cari tahu dan mengusut hal ini, takut-takut ya blog di blogspot saya dihapus juga. setelah telusur lebih lanjut, kini saya tahu kenapa, apa sebabnya blog di blogspot dihapus. 
Setelah ditelusuri ternyata ada informasi bahwa pemilik Bogspot sedang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap para pengguna blog sudah beredar di beberapa blog. Bersamaan dengan hal itu, maka jika ditemukan blog yang melanggar Blogger Term of Service dan atau Blogger Content Policy, maka tanpa peringatan dini atau kartu kuning terlebih dahulu blog tersebut akan dihapus. dan hal inilah yang terjadi pada blognya Bang Ir (terimakasih dan mohon maaf Bang Ir, saya jadikan contoh). Penghapusan blog Bang Ir, tercantum di wall FB beliau :
blog_menghapus
Alasan yang diberikan oleh pihak Blogspot kenapa blog Bang Ir dihapus adalah karena blog tersebut dianggap telah melakukan SPAM. 
 Sebelumnya saya juga pernah bahas bahwa tindakan spam adalah tindakan tidak terpuji, termasuk saya sendiri, apabila ada yang berkomentar spam maka komentar akan langsung saya hapus. selain sampah, hal itu juga dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan blog sobat. dan pengen tau pemberitahuan spam yang diberitahukan kepada Bang Ir adalah sebagai berikut :
Di Blogger Content Policy yang tercantum adalah "Spam: Spam takes several forms in Blogger, all of which can result in deletion of your account or blog. Some examples include creating blogs designed to drive traffic to your site or to move it up in search listings and posting comments on other people's blogs just to promote your site or product.”
Selain pemberitahuan tersebut pihak blogspot juga mengatakan bahwa di beberapa artikel disebutkan alasan lain kenapa blog dihapus adalah adanya kegiatan review (PTR), menghilangkan navbar Blogger, auto-content (blog dummy), memasang banner refferal secara berlebihan, dan lain-lain. Ada juga yang mengatakan untuk tidak memasang gambar-gambar ‘hot’ atau adult. Untuk yang terakhir saya agak kurang setuju, karena di Blogger Content Policy jelas tercantum mengenai Adult Content :
Adult Content: We do allow adult content on Blogger, including images or videos that contain nudity or sexual activity. But, please mark your blog as 'adult' in your Blogger settings. Otherwise, we may put it behind a 'mature content' interstitial.
Dari beberapa alasan di atas, maka saya lebih percaya bahwa penghapusan blog oleh Blogspot adalah karena melakukan pelanggaran berat, seperti spamming dan blog yang memuat auto-content. Jadi bagi  sobat yang menggunakan jasa hosting blog di blogspot alias gratis, diharapkan untuk bersiap-siap kalau robot Blogspot melakukan sidak (inspeksi mendadak) dan siap-siap lemes seperti Bang Ir, karena blognya dihapus. Alangkah bijaksananya Blogspot tidak langsung memberikan kartu merah (menghapus blog), tapi didahului dengan kartu kuning (peringatan dini) agar kita dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat.

Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

22 komentar:

  1. wow serem juga ya sob...jadi bagaimana untuk mengantispasi dari di deletnya blog kita?
    terima kasih info nya.

    BalasHapus
  2. @livejurnal69
    Cara agar terhindar dari sidak tersebut yaitu dengan cara tidak spamming, tidak auto content (blog dummy) dan posting artikel adult. tapi yang terberat adalah spamming

    BalasHapus
  3. kalau dulu akunku pernah dihapus...
    ga tau apa penyebabnya...:a:

    BalasHapus
  4. Waduh jadi ngeri nih baca postingan sobat, saya jadi lemes bacanya,,, takuk blog saya juga di delete..... ada tips gak sob, biar blog awet gak di delete gitu???/ Mohon pencerahannya sob.... lemesssssssssssss banget nih sob.....

    BalasHapus
  5. @ Belantara Indonesia
    Sama-sama sob, minal aidzin walfaidzin juga, mohon maaf lahir dan bathin. :l:

    @ Syifa
    Semoga ajah :e:

    @ Asis
    ya cukup dengan menaati ketentuan blogspot aja sob, terus jangan melakukan tindakan spam, posting adult dan auto content. dengan seperti itu, blog pasti lolos dari sidak :g:

    @ Urip
    spamming bisa dengan berkomentar di blog lain yang mengacu pada artikel/halaman blog, yang terparah adalah menautkan link (anchor) berlebihan, pengulangan kata kunci (tag keyword) dengan berulang-ulang, dan melakukan auto-content, yang dimaksud seperti itu sob :l:

    BalasHapus
  6. ngeri baca-nya.. gmn y untuk blog q.. :c:

    BalasHapus
  7. makasih nih infonya... jadi takuut..hehe :f:

    BalasHapus
  8. saya korbannya gan!!!!blog politik saya terhapus kenapa ya????:c

    BalasHapus
  9. memang spam nggak ada gunanya, apalagi kalau komentar yang cuma say hello saja tanpa ada relevansi dengan postingan, tapi ngomong-ngomong ngeri juga ya kalau blog dihapus, disuspend atau apapun namanya , pasti stres deh jadinya, salam kenal mas pingin belajar datang kesini

    BalasHapus
  10. trims atas infonya nih sangat membantu sekali, spam itu memang bikin repot aja.

    Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....
    :m:

    BalasHapus
  11. Aku juga pernah mengalami hal ini tapi tidak itu kesalahan yang aku lakukan.
    Cuma gara-gara aku terlalu cepat mengklik dashboard sebelum menuntaskan pekerjaan yang lain yaitu terbitkan entry ini.
    Akhirnya aku cukup konfirmasi dengan memasukkan nomor hp ke google untuk verifikasi akun lagi.

    BalasHapus
  12. mudah2an aku gax kena sob!! sorry anee baru ad waktu bwt komentar dsn...!! wkakwkakwkawkkwakwkakwkakwkkakwk....,, padahal tyap hari juga mampir.....!! tw cara cek blog spam ga sob...??

    BalasHapus
  13. sesegera munkin intropesi diri,...

    takut terhapus,... hehe

    thank's mas...:m: :m: :m:

    BalasHapus
  14. yah kalo masih betah make blogspot mendingan gak usah nye-pam deh biar aman.thanks info nya

    BalasHapus
  15. Wah ternyata masih banyak hal2 terkait dgn ngeblog yg blm aku ketahui ya :f:
    Thanx ya kawan, pembelajarannya..

    BalasHapus
  16. wah sangat neeh langsung kenal espulso (kartu merah) tanpa ammonito (kartu kuning) :e: yah kalo sampai terjadi pasti lemez deh :l:

    BalasHapus
  17. YA begitulah kalau pakai yang gretongan, seperti aku .. hehehe ... harus nurut yang punya hosting. Semoga blog ku aman-aman saja ...

    BalasHapus
  18. sob, kalo buat back up blog bisa ngga ya?
    back up post sm comments gitu
    :e:

    BalasHapus
  19. waah...,, makasi bgt sob artikelnya.
    dengan begini jd saya bisa hati-hati agar tidak melakukan pelanggaran...

    minal aidzin walfaidzin ya sob..
    hehee..

    BalasHapus
  20. NIce Posting..thnaks yah udah sharing...so kita2 jadi tau alasan blog kita di hapus

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Penyebab Blog di Blogspot dihapus Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top