728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

14 September 2010

Optimasi SEO On Page dan Off Page adalah hal yang akan saya bahas pada postingan kali ini. guna menjawab pertanyaan beberapa sobat blogger yang bertanya mengenai hal ini melalui email dan ym. utuk itu, saya coba menjawabnya pada postingan kali ini. perlu sobat ketahui bahwa dalam melakukan optimasi SEO hal ini perlu dilakukan agar mendapatkan posisi terbaik di serp. dengan banyaknya persaingan keyword, teknik ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan peningkatan peringkat posisi pada hasil pencarian search engine yang mengacu pada kekuatan SEO blog itu sendiri. Setiap blogger yang gemar mendalami SEO pasti akan menggunakan teknik ini untuk melakukan optimasi blog dan teknik SEO ini akan sangat baik digunakan jika sobat semua sedang mengikuti kontes SEO seperti kontes SEO "Menjadi Blogger yang Bahagia".

Lalu apa itu pengertian SEO On Page dan SEO Off Page? dan bagaimana cara yang harus ditempuh dalam menggunakan teknik SEO tersebut?
Teknik SEO On Page adalah usaha yang dilakukan dari dalam untuk mengoptimasi halaman blog agar mendapatkan posisi SERP terbaik. Teknik SEO On Page ini dapat dilakukan dengan cara : 
  • Melakukan optimasi struktur halaman blog seperti pemilihan template yang seo friendly dan penggunaan kode tag h1 (baca Blogger Template SEO Friendly)
  • Melakukan optimasi meta tag seperti penggunaan meta description dan meta keyword
  • Melakukan optimasi pada posting blog, penempatan keyword yang tepat, membuat anchor text dan link building
  • Melakukan optimasi dengan cara membuat related post pada setiap posting atau pada sidebar blog. 
Teknik SEO Off Page merupakan lawan dari SEO On Page yaitu usaha dari luar yang dilakukan untuk mengoptimasi halaman blog agar mendapatkan posisi SERP yang bagus. SEO Off Page ini merupakan cara yang dilakukan untuk mengumpulkan backlink sebanyak-banyaknya dari blog lain guna meningkatkan pagerank dan posisi hasil pencarian pada search engine. Teknik SEO Off Page ini bisa dilakukan dengan cara : 
  • Memberikan komentar pada blog yang menganut sistem Dofollow. Perlu di perhatikan bahwa komentar yang diberikan hendaklah sesuai dengan topik artikel tersebut dan jangan memberikan komentar yang bernada SPAM. (Baca Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow dan Daftar Blog Dofollow Ber-PR Tinggi)
  • Men-submit artikel ke blog directory setiap kali melakukan posting artikel dan memanfaatkan iklan baris yang menganut paham Dofollow.
Cara Optimasi SEO On Page dan Off Page diharapkan dilakukan secara seimbang dan dengan berprinsip "KONTEN ADALAH RAJA". membahas masalah optimasi SEO blog memang tak ada habisnya, dan jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal yang baru dalam optimasi SEO.

----Semoga Bermanfaat----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

5 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Optimasi SEO On Page dan Off Page Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top