728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

15 September 2010

Bertanya Bijak dan Bukan Untuk Menguji merupakan hal yang sangat terpuji. mengajukan pertanyaan dengan sebaik-baiknya dan benar-benar ingin tahu dari persoalan yang ditanyakan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri sendiri. bertanya adalah hal yang sering dilakukan oleh manusia dalam perjalanannya di muka bumi. dengan bertanya, hal yang tidak kita ketahui akhirnya menjadi tahu hal yang sudah tahu dapat menjadi lebih tahu dan dengan bertanya kita akan dapat menemukan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. ada dua kategori pertanyaan yang sering kita dengar yaitu pertanyaan yang memang benar-benar tidak tahu dan pertanyaan yang memang sudah tahu namun bermaksud untuk menguji orang yang diajukan pertanyaan. bertanya bijak dan bukan untuk menguji sebaiknya dilakukan layaknya kita  menghargai pengunjung blog .
mengapa saya membahas masalah ini? adakah sangkut pautnya dengan dunia blogging?
jawabannya adalah saya membahas hal ini karena berkaitan dengan dunia blogging dan merupakan masalah yang harus diluruskan agar sesuai jalur kebenaran dan norma yang ada.
malu bertanya sesat dijalan. peribahasapun mengatakan demikian. dalam dunia blogging tentu banyak hal baru dan mungkin aneh bagi mereka yang masih awam atau mengenal dunia blogging (blogger newbie/pemua seperti saya). pertama kali saya mengetahui dunia blogging, hal yang saya lakukan agar tahu lebih adalah dengan explore dan bertanya. hal yang benar-benar tidak saya tahu sama sekali saya coba tanyakan kepada mereka yang lebih tahu dengan harapan menjadi tahu dan mendapatkan ilmu baru bagi saya. namun saya menemukan kasus yang tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang blogger yang sudah berkecimpung di dunia blogging, sudah mengetahui lebih dan bahkan dapat dikatakan senior mengenai masalah blogging. hal ini tentu tidak hanya dalam dunia blogging saja, namun yang akan saya bahas adalah yang terjadi dalam dunia blogging dan hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada bidang lain. lantas hal apa yang tidak sepantasnya dilakukan oleh blogger tersebut?
Hal ini di alami oleh beberapa teman blogger saya, salah satunya adalah Fadel (I-om) dan saya sendiri mengalami hal ini. mereka (karena lebih dari satu teman blogger) ngobrol dengan saya melalui YM dan mengatakan bahwa " ada teman blogger yang mengajukan pertanyaan, namun isi dari pertanyaannya bersifat Menguji ". saya mengatakan hal itu pun terjadi pada diri saya sendiri. saya sadari bahwa saya ini Blogger Awam, Pemula, Newbie dan masih jauh ilmu blogging yang harus saya genggam. saya mengetahui bahwa sobat blogger yang bertanya tersebut ilmu bloggingnya sudah me-langlangbuana sampai ke akhirat hee..., sampai-sampai menguji blogger awam karena merasa dirinya sudah menguasai. wah wah wah, hebat sekali kawan saya ini. namun saya juga teman blogger yang mendapat perlakuan yang sama ini menerima hal itu dengan lapang dada.
kenapa harus mengajukan pertanyaan dengan maksud untuk menguji? padahal saya sadari kalau dia sendiri sudah tau jawabannya. pantaskah? 
mungkin alangkah baiknya jika menambahkan jikalau memang ada yang kurang dalam artikel atau isi blog dan hal itu akan berdampak baik bagi blogger lain, kan lebih banyak ilmu yang di dapat.
apakah sobat mengalami hal yang sama? dan mari kita budayakan Bertanya Bijak dan Bukan Untuk Menguji dengan ilmu yang kita miliki.
apakah pantas mengajukan pertanyaan dengan maksud untuk menguji? bagai mana pendapat sobat?

----Semoga Bermanfaat----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

9 komentar:

  1. info yg bagus sob, membudayakan berkomentar yang bijak...

    BalasHapus
  2. kalu saya malah menentang artikel di atas, justru saya senang kalu di uji kalu saya tidak mampu ya saya katakan tidak mampu.
    dan justru saya tidak segan segan untuk menguji, tidak pandang itu master atau senior. Apalagi yang memberikan tutorial itu patut di uji apabila kita mempunyai pengetahuan di dalamnya.

    Sebab tutorial itu untuk khalayak, bukan untuk pribadi dan sang tutorialer harus menguasainya, di takutkan kopas juga tidak menautkan link sumber. Apabila sang tutorialer tidak bisa menjawab dia harus berjiwa besar...kalu saya lebih senang di uji dengan seseorang yang lebih bisa, kalu di ambil segi positifnya seseorang itu masih memperhatikan, dan kita yang di tanya merasa tertantang kalu kita bisa jawab, jawab saja...kalu tidak bisa? Berarti masih ada yang perlu di perbaiki.

    Albert einstein bisa berhasil karena dia selalu teriang masa kecilnnya yang selalu di uji dan di katakan bodoh.

    BalasHapus
  3. @ Blogger Admin
    setuju mas kalo masalah hal itu, saya juga sempat mau tulis hal itu hanya kebanyakan yang mereka uji itu malah keluar dari permasalahan seperti contoh tutorial css3 kenapa yang dibahas malah jquery atau javascript. tapi mungkin ya lebih senang juga mas kalo ngasih masukan dan mengarahkan, dengan seperti itu orang yang diuji menurut saya akan lebih segan, ya saya sendiri pernah mengalaminya. bahkan saya membenci blogger yang bertindak menguji tanpa solusi

    BalasHapus
  4. Kita harus bisa menelaah sang komentator siapakah dia, misal css3 yang di tanya javascript dan jquery,, itukan nyambung dan masih berhubungan kecuali iklan, sekarang saya punya pertanyaan lebih baik di uji artikel kita? atau komentar yang hanya lewat seperti nice artikel, thanks infonya dll.

    Yang mengajukan pertanyaan pasti membaca artikel kita kecuali pertanyaannya ga nyambung

    BalasHapus
  5. @ Blogger Admin
    iya mas, sekarang lebih selektif mengkritisasi komentar pengunjung dengan melihat isi komentar dan siapa komentatornya. saya sebetulnya mending gak di uji tapi sharing aja berbagi satu sama lain he... tapi kalo masalah komen yang cuma numpang lewat seh abal-abal banget mas, sejujurnya saya ga pernah komen di blog orang lain sebelum baca artikelnya mas :n:
    termasuk di bookmark kalo memang bagus artikelnya :k:

    BalasHapus
  6. Pha kabar sob...
    Wah bagi newbie seperti saya jadi takut bertanya nich.. :D

    Oy.. "MINAL AIDIN WAL FAIDZIN"

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Setuju,sepakat dengan shared info.Jadi bisa saling melengkapi satu sama lain Sahabat.

    BalasHapus
  9. ia yah.. kalo byk komentar di blog kita pasti seneng bgt tp kalo komen nya model bgtu ci males jg..
    apalagi kalo saya yg di tanya...hehehe langsung ngeper deh :a:

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Bertanya Bijak dan Bukan Untuk Menguji Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top