728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

19 September 2010

Berapa Lama Blog Terindeks/Terbaca Google memang pertanyaan yang wajar buat para blogger. bagaimana cara google menyukai blog kita dan bagaimana agar mesin pencari ini menampilkan halaman artikel blog kita di posisi yang mudah orang cari. semakin cepat blog terindeks google maka akan semakin baik pula posisi kita dalam serp tersebut. hal yang pertama kita lakukan setelah posting biasanya kalau tidak blogwalking untuk mempromosikan artikel tersebut dan juga melakukan ping agar popularitas tetap terjaga. dengan seperti itu postingan yang kita buat akan semakin bermanfaat bagi orang lain. bagi blogger pemula seperti saya, hal ini merupakan cara yang rutin saya lakukan untuk memperkenalkan kepada khalayak. namun untuk memperkenalkan kepada google rasanya harus mengutak-atik meta tag dan juga putar otak.
Google adalah mesin pencari yang kebanyakan dijadikan sebagai patokan  untuk kesuksesan dalam SEO walau sebetulnya ada search engine yang harus diperhatikan seperti Bing, yahoo dsb. tapi entah kenapa hanya google yang sering dibahas, setiap membaca artikel tentang SEO atau Backlink ujung-ujungnya yang menjadi target adalah google, betul kan?
Google juga digunakan sebagai juri dalam setiap kontes SEO, tak perlu dipungkiri juga jika sebuah kesuksesan popularitas kebanyakan dicari di search engine ini. seperti itulah kenyataannya, google seperti menjelma menjadi penguasa internet, walau sebetulnya masih banyak sumber traffic selain google, seperti Twitter, Facebook, Squido, Stumble Upon dll. Saya pernah membaca beberapa blogger profesional yang lebih mengandalkan situs pertemanan dan social bookmarking sebagai sumber traffic, dan hasilnya ribuan pengunjung perhari bisa mereka dapatkan, jadi memang bukan cuma google satu-satunya sumber traffic.
Walau begitu, terindex google biasanya menjadi tolok ukur pertama terhadap search engine, biasanya ketika blog mulai terindex google, perlahan tapi pasti search engine lain akan mengikuti, dengan kata lain jika blog sudah banyak terindex google dan menempati posisi bagus, maka blog kita akan muncul juga di beberapa search engine lain, walau kenyataannya lebih sulit.

Berapa Lama Blog Terindex Google
Sampai sekarang untuk masalah yang satu ini memang agak sedikit membingungkan karena memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi google index. Terindex google saya kategorikan menjadi 2 bagian yaitu :
  1. Terindex pertama kali saat blog / domain baru dibuat.
  2. Terindex setiap postingan / artikel baru.
Saya bedakan menjadi 2 karena biasanya walau domain sudah teridex google tapi tidak semua artikel ikut terindex, ini biasanya untuk domain / blog yang baru.
Proses google index bervariasi, untuk domain baru saya pernah terindex langsung hanya dalam 1 jam, dan artikelnya pun yang baru 1 langsung terindex,  dan pernah juga membutuhkan waktu  lebih dari17 jam sebelum domain saya terindex google, dan ada juga yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Bagaimana Agar Blog Cepat Terindex/Terbaca Google
Setiap orang yang baru menulis artikel baru atau bahkan memiliki domain baru pasti ingin cepat terindex google, lalu bagaimana caranya agar cepat terindex oleh google?. Ini beberapa pengalaman saya tentang google index dan setelah diperhatikan ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama atau cepatnya terindex google :
  1. Banyak atau tidaknya backlink yang menuju domain maupun artikel.
    Kalau mau cepat terindex google jawabannya cari backlink sebanyak-banyaknya, bisa melalui berkomentar di blog dofollow tetapi tidak menggunakan teknik spaming. Kenapa berkomentar di blog dofollow berpengaruh, karena google crawl (Baca "apa itu web crawler, web spider, web robot, webbot") akan mengikuti link tesebut dan menuju ke blog kita dengan begitu google dengan senang hati ikut membaca isi blog kita dan hasilnya akan cepat terindex google, cara ini lebih tokcer dibanding mendaftarkan blog ke google (add url) atau ke social bookmarking. Kesimpulannya perbanyak link masuk dengan cara:

    • Komentar di blog dofollow
    • Jika punya blog yang sudah terindex google dan sering update berikan link didalam artikel baru anda, kemudian optimalkan keduanya, jadi selain mencari backlink untuk blog baru anda juga cari backlink untuk blog pendukung anda (blog lama)
    • Menggunakan baca : 10 Teknik SEO yang Wajib diTerapkan

  2. Sering atau tidaknya blog diupdate.
    Jangan terlena ketika blog sudah terindex google, sering-seringlah update secara berkala untuk menjaga google bot selalu kembali ke blog kita. Dari pengalaman pribadi, beberapa blog yang terlalu lama saya tinggalkan biasanya akan sulit lagi terindex google walau sudah berhari-hari saya tulis artikel tetap saja tidak mau terindex google, kalau sudah begini harus kembali melakukan cara No.1 dan ditambah dengan menyebarkan artikel melaui social bookmarking, kalau untuk blog Indonesia saya biasa menggunakan Lintas berita.

    Itulah beberapa pengalaman saya tentang google index, ingat Pagerank tidak berpengaruh sama sekali dengan google index.
Setelah artikel ini diterbitkan, hanya membutuhkan waktu 20 detik saja untuk muncul di search engine, silakan untuk di cek dengan keyword "Berapa Lama Blog Terindeks Google".
atau melalui link berikut : http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&q=berapa+lama+blog+terindeks+google&aq=o&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=

Masih banyak kekurangan dalam artikel ini, namun secara keseluruhan artikel ini mewakili Berapa lama Blog Terindeks/Terbaca Google. jika memang mempunyai pengalaman lain, silakan untuk berbagi dan mengutarakan dalam form komentar.

Artikel ini terinspirasi dari sumber : Berapa Lama Blog Terindeks Google
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

7 komentar:

  1. Keren mas... bener tuh,
    saya bru pemula dan mulai menerapkan cara yang seperti itu...
    :k:

    BalasHapus
  2. Siip... sob bnyk bngt yg menganjurkan komen di blog dofollow.. trus ada manfaatnya ga kl koment di nofollow dilihat dr sisi SEO atau apa,, ya selain mempererat silaturahmi gt? :D

    BalasHapus
  3. Dari pengalamanku... gak perlu daftar ke Webmaster atau masang metanya pun tetep keindex Sob.... klo domain baru bikin biasanya paling lma seminggu untuk ke index... klo postingan sih tiap aku update beda satu menit juga udah keindex......

    Semangat n Happy blogging Sob..

    BalasHapus
  4. siip Kang, kayaknya setelah posting selalu gunakan PING agar cepat terindex :l:

    BalasHapus
  5. bagus banget nih postingan....sangat membantu buat saya yang masih blajar blogging....ma kasih banyak, Om.....

    BalasHapus
  6. keren postingnya...sayang prku masih nol sampai sekarang... :a:

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Berapa Lama Blog Terindeks Google Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top