728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

02 Agustus 2010

Zona link untuk SEO, backlink, pagerank, alexa rank dsb. itulah tujuan kita mengetahui zona link di dalam blog kita. menempatkan link, sama saja dengan menempatkan nama blog kita dalam search engine. lebih tepatnya optimasi SEO. banyak yang mengutamakan SEO dengan cara curang yaitu Black Hat SEO yang pernah saya bahas pada postingan sebelumnya, yang tentu berpengaruh dengan kita mengetahui cara mencari keyword populer.dofollow blog adalah salah satu media backlink paling ampuh bagi blogger yang ingin mencari traffic dan optimasi dengan blogwalking. wah banyak sekali cara blogger untuk menaikkan traffic.
Untuk apa mengetahui zona link di Blogger ? Tujuan dari pemahaman tutorial kali ini adalah agar anda tahu betul letak zona link yang terdapat di blogger dan pengaruhnya ke SEO  dan pagerank google anda. Dan buat para advertiser atau para pengiklan yang pengen beriklan di blog berplatform blogspot serta buat para blogger yang senang yang namanya tukeran link atau link exchange.

Okelah langsung saja kita bahas letaknya zona link di blogger tersebut adalah sebagai berikut :

   1. Zona sidebar
   2. Zona dalam postingan
   3. Zona komentar
   4. zona footer/ bawah postingan

Kita bahas satu persatu zona link tersebut dan kaitannya dengan SEO dan Pagerank google anda :
1) Link di zona sidebar adalah link yang berada di bagian kolom sidebar. (Ini zona link yang paling berpengaruh = 50% )
- Pengaruhnya Ke Pagerank Google :
Untuk Kasus blog yang berlainan topik (Judul blog berbeda):
  • Sangat signifikan atau baik buat blog/situs/web lain yang menginginkan PR bertambah.
  • Sementara untuk blog/web/situs yang jadi tempat dimasukkan link blog lain akan kejatuhan PR jika tidak saling menautkan/link exchange (untuk kasus pr yang bernilai sama)
  • Sementara kalau blog anda dan blog lain berbeda Pr misal blog anda pr 1 dan blog lain pr 0 atau N/A maka otomatis Pr blog anda akan jatuh kalau anda masang link blog lain (Kecuali jika backlink yang mengarah ke blog anda itu banyak maka sama sekali tidak berpengaruh)
Untuk Kasus blog yang satu topik (Judul blog sama):
Sangat signifikan atau baik buat blog/situs/web lain yang menginginkan PR bertambah..B
log yang jadi tempat dimasukkan link blog lain akan kejatuhan PR jika tidak saling menautkan/link exchange.
* Jika blog anda dan blog lain berbeda Pr misal blog anda pr 1 dan blog lain pr 0 atau N/A itu gak masalah kalau anda bertukar link selama blog anda satu topik dan range/jarak nilai Pr itu tidak lebih dari 1.
Contohnya untuk link exchange blog yang setopik yang tidak masalah justru akan saling menguatkan :
Antara Blog yang berjudul Komputer Pr 1 dan BLog yang berjudul Komputer Pr 2
Antara Blog yang berjudul Artis Pr 2 dan Blog yang berjudul Artis Pr 3

- Pengaruhnya Ke SEO :
Bagi Blog yang sama judul blognya maka saling menguatkan di serp sementara bagi blog yang berlainan topik akan saling menjatuhkan posisi di serp ( sama - sama jatuh ).

2) Link di zona dalam postingan adalah link yang berada di bagian dalam postingan. (Ini zona link yang cukup berpengaruh = 35% )
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan Seo (judul postingan harus sama atau paling gak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuman kadarnya 30% saja.


3) Link di zona komentar adalah link yang berada di bagian dalam kotak komentar. Bisa di judul sang komentator atau bisa juga dalam isian komentar dengan catatan kolom komentar bertipe dofollow (Ini zona link yang sedikit berpengaruh = 10% )
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan Seo (judul postingan harus sama atau paling gak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuman kadarnya 10% saja.

4) Link di zona footer/ bawah postingan adalah link yang berada di bagian bawah postingan / bagian bawah data:post.body (post-footer). Secara kasat mata letaknya di bagian letak tulisan diposkan oleh [...] (Ini zona link yang sedikit berpengaruh = 5% )
Untuk pengaruhnya ke pagerank google dan Seo (judul postingan harus sama atau paling gak miriplah judul postingannya ) sama seperti yang dijelaskan diatas cuman kadarnya 5% saja.

Okelah cukup itu dulu silahkan gunakan sebaik - baiknya sesuai dengan apa yang anda inginkan. Kalau anda ingin meningkatkan PR maka hajar aja deh tuh semua blog yang menjadi target anda nitip link. Kalau tujuannya SEO ya pandai - pandailah mencari blog yang sejenis
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

8 komentar:

  1. wah nambah lagi nih ilmu SEO ane... meski kayaknya sulit implementasi nih....
    :m:

    BalasHapus
  2. wah!! makasih udah sharing jadi tau nih!! pokoknya mantaf dah!! hehe :e:

    BalasHapus
  3. :m:
    Cool..baru baca artikel yang kayak gini..masukan baru nih..Thanks!

    BalasHapus
  4. masi agak bingung nih bacanya
    mesti menelaah dengan seksama

    ijin save ya bos

    BalasHapus
  5. @ All
    terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar, semoga bermanfaat

    @ Kedai Obat
    kalo chatbox dan follower tidak termasuk, karena followers tidak menimpahkan link meskipun ada foto followersnya
    kalo shoutbox, hanya link penyedia jasa shoutboxnya saja, karena link yang ada dalam shoutbox hanya bersifat sementara saja. jadi yang termasuk zona link itu, link yang tersimpan dalam zona link dalam waktu yang tidak hanya sementara, tetapi berkelanjutan.

    BalasHapus
  6. wow, thanks informasinya sob :m: .... kalo pny sy ini jenis yang mana ya??

    BalasHapus
  7. alhamdulillah blog saya tidak anjlok nie...

    BalasHapus
  8. sob kl ada koment annonymous itu termasuk backlink ga? mksh..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Zona Link Untuk SEO Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top