728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

25 Agustus 2010

Menghargai Pengunjung Blog, sudahkah? berjalan kesana kemari mencari info dan traffic mungkin hal yang lazim dilakukan oleh blogger. membalas kunjungan blogger yang satu dan yang lainnya adalah satu keharusan, saling follow satu sama lain juga mempererat tali silaturahim sesama blogger serta bertukar link demi eksisnya blog dimata search engine (google and other). menghargai adalah hal yang sangat penting bagi kita, karena menghargai orang lain = menghargai diri kita sendiri, dalam dunia blogging pun sama, hal ini patut dilakukan dan dipraktikan.
Bagaimanakah cara menghargai dalam dunia blogging? Blogging identik dengan pengunjung dan pengunjung adalah tamu yang sangat diharapkan hadir dalam blog kita, dengan banyaknya pengunjung/tamu, semakin baik pula traffic/pengenalan blog kita dimata search engine. Berkaitan dengan pengunjung tersebut, pasti ada hal yang berkesan dan hal yang membuat bosan, apakah itu? Jawabannya adalah menghargai pengunjung blog.
Menghargai pengunjung blog, termasuk kategori yang penting yang perlu kita perhatikan. pandangan sobat semua pasti berbeda dengan saya mengenai bagaimana cara menghargai pengunjung blog yang datang mampir ke blog kita. dengan menghargai, blog kita semua akan lebih disegani karena pengunjung merasa disegani dan dihargai dan diberikan fasilitas yang membuat pengunjung tersebut betah berlama-lama mampir di blog kita. Bentuk penghargaan itu sebetulnya hanya sederhana saja, tidak perlu hal yang sekiranya sulit bahkan rumit untuk dipraktikkan.
Beberapa cara menghargai pengunjung blog diantaranya adalah :
Loading blog yang ringan/cepat
Memberikan fasilitas ini merupakan jalan utama menuju kesuksesan blog sobat semua, kenapa? saya pernah mengalami sendiri, berkunjung ke blog yang bagus (menurut saya) design menarik, artikelnya juga bagus dan sesuai dengan yang saya cari, namun sangat disayangkan untuk membuka blog ini membutuhkan waktu 3 menit padahal saya menggunakan akses internet speedy, dan ketika saya berfikir lagi seandainya blog ini memiliki loading yang cepat, maka isi yang menarik dan designnya yang bagus tersebut dapat menarik pengunjung betah mampir di blog tersebut.

Membuat artikel yang originaly post/artikel karya sendiri bukan copy paste
Membuat artikel yang original/karya sendiri dapat membuat pengunjung merasa berkesan, karena pengalaman saya sendiri ketika googling dengan keyword "Cara Mendapatkan 1000 Pengunjung Perhari" tenyata semua blog yang memuat artikel tersebut isinya sama, paragrafnya sama dan tak ada yang membedakan artikel yang satu dengan yang lainnya. usahakan berdasarkan pengalaman sendiri yang sudah terbuktikan.

Menyediakan buku tamu/shoutbox
Menyediakan buku tamu, seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya  "Memasang Buku Tamu di Blog" bahwa menyediakan buku tamu adalah hal yang terbilang penting, begitupun teman-teman blogger semua yang mengomentari artikel tersebut. buku tamu pun berguna sebagai media silaturahim baik sesama blogger maupun pengunjung blog.

Mengatasi permasalahan pada kotak komentar
Mengatasi permasalahan pada kotak komentar. nah ini yang menarik, pernah saya alami sendiri membaca artikel yang menarik, namun artikel tersbut ternyata ada yang janggal (terdapat kesalahan) dan kesalahan itu saya tahu bagaimana kebenarannya, lalu saya menulis hal tersebut dengan cara berkomentar, ketika komentar dipublish muncul verifikasi kata namun form untuk mengisi verifikasi kata tidak muncul, dan akibatnya gagal dech berkomentar, selain itu buku tamu tidak disediakan pula oleh admin blognya, huft...
dan untuk memperbaiki hal ini, coba sobat semua periksa apakah baik-baik saja kotak komentarnya.

Menyediakan kontak admin baik yahoo messenger, facebook atau twitter dsb.
Dengan menyediakan kontak admin yahoo messenger, facebook atau twitter adalah jembatan bagi penunjung yang ingin bertanya secara langsung mengenai permasalahan yang mereka (pengunjung) dapatkan, pengalaman saya pribadi bahwa sejauh manapun kita menulis artikel pasti ada hal yang tidak dapat dipahami oleh pengunjung/pembaca apalagi yang berkaitan dengan tutorial atau tips dan trik, dan untuk menghindari hal itu maka sediakanlah kontak admin seperti yahoo messenger (YM), facebook atau twitter, namun yang kebanyakan dipakai adalah yahoo messenger (YM), dengan selalu online, pengunjung tidak akan kesulitan menghubungi admin blog tersebut.

Membalas komentar pengunjung
Membalas komentar pengunjung dengan bijak, apabila ada permasalahan, jawablah dengan lengkap dan berusaha agar permasalahan itu terjawab. 

Tidak berlebihan dalam design blog
Design blog memang harus menarik, dengan tampilan yang menarik, rapi dan tidak mengganggu pandangan itu adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghargai pengunjung, semakin nyaman pula pengunjung membaca artikel/postingan yang ada di blog kita

Memasang adsense/iklan seperlunya
Pasanglah iklan/adsense seperlunya dan jangan berlebihan. hal ini justru membuat pengunjung blog merasa risih karena bukan artikel yang berkualitas yang diutamakan, melainkan iklan/adsense. ketika saya survey ke beberapa teman blogger saya, bahwa memasang iklan melayang dapat membuat pengunjung merasa malas berkunjung, karena disambut dengan iklan - iklan yang belum tentu pengunjung mengerti, bahkan ada salah satu blogger yang iklan melayangnya itu tombol closenya dihilangkan, jadi ketika kita ingin menutup iklan melayang tersebut harus klik salah satu iklan/adsense (SUNGGUH TERLALU). semoga bisa dipahami mengenai hal ini.

Menerima dengan lapang dada kritikan, saran bahkan hal yang berbau negatif (ejekan)
Menerima dengan lapang dada akan kritikan, saran bahkan ejekan (hal yang berbau negatif), saya sendiri mengalami hal itu dan tetaplah tersenyum membalas hal itu, karena dengan senyum tersebut sobat semua sudah menghargai pengunjung blog kita.

Nah sobat semua, beberapa kategori menghargai pengunjung blog yang berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan saya terapkan di blog ini. apabila ada kekurangan  dan ingin menambahkan mohon untuk mengungkapkan dalam komentar.

----Semoga Bermanfaat----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

46 komentar:

  1. yup sob,

    mari saling menghormati sesama blogger yah :k:

    BalasHapus
  2. setuju sahabat... karena blog akan berguna bila bermanfaat tuk pengunjung, salam sukses.

    BalasHapus
  3. Di mana dan kapanpun etika memang harus dijaga sob...! Bukankah blog salah satu cerminan kepribadian pemiliknya ?
    OK salam blogger n met berpuasa aja he.he..he...
    "Prapatan Kertek Simple Blog"

    BalasHapus
  4. setuju sob dengan postingan ini, pengunjung biasanya maunya membuka blog seolah2 seperti tulisannya sendiri(dirumah sendiri), posting MANTAP" :m:

    BalasHapus
  5. wah lur anu copas mah (copy paste)
    alus na ge di kieu yeuh,.... :o:
    hahahah

    BalasHapus
  6. Ok sob saya setuju banget ne , , ,
    Sukses slalu sob :K:

    BalasHapus
  7. bener banget kawan, saling menghargai lebih enak rasanya, apalagi kita hidup sebagai manusia yg saling membutuhkan... cieee.. yg penting saling menghargai pengunjung, juga sebaliknya, pengunjung menghargai si empunya blog jg :n:

    BalasHapus
  8. setuju...ka'....
    cz bnyak pelajarn yg bisa qta ambil dlm nge-blog..
    sukses wt semuanya... & lam kenal jg..

    BalasHapus
  9. aku berkomentar disini ah....
    moga dapat komentar balik kaya isi artikelnya :d:

    BalasHapus
  10. posting yang bagus..!
    sangat bermanfaat..!
    thansk..!

    BalasHapus
  11. :m: bener sob, hahah aku jgnkan kritik, yg koment jg jarang :a: ....!! klo ada mengkritik blogku tow aku jadiin acuan...apalagi masalah fasilitas sama speed... manteb sob.... lanjutkan terus perjuangannya :e: hahahhahaha!!

    BalasHapus
  12. Betul..Betul..Betul.. :m:
    Kita harus saling Menghormati.. kalau Tidak mana ada yg mau berkunjung di blog kita.. atau mana ada yg mau berteman dngan kita... Betul ngak Gan ?? :k:

    BalasHapus
  13. maksih infonya sob... oy untuk postingan ttntu saya masih copas dari misalnya viva,kompas,kapanlagi dll. mnurut sobat gmn apakah diteruskan atau dihentikan atau ya diedit2 dikit. ma'lum newbie.. he..
    mksh..

    BalasHapus
  14. Iya Bos Sipp Sebahu dan setubuh alias Setuju sekali...dukung terus...:m:

    BalasHapus
  15. @ Ngepas
    Boleh dijadikan sebagai acuan hanya ketika posting usahakan dengan bahasa sendiri, dengan seperti itu google tidak akan menganggap artikel kita sama dengan yang sudah diterbitkan sebelumnya

    BalasHapus
  16. Mudah-mudahan sya termasuk didalamnya.... salam kenal teman terima kasih sudah mampir..:n:

    BalasHapus
  17. Nah ini die trik nyang gue harapkan, mudeh-mudehan ni ye, gue bisa mraktikkin...xaxaxa.... thnx, Gun :n:

    BalasHapus
  18. Inti aja, salaing menghargai sesama blogger, baik pengunjung maupun yang dikunjungi,,,,

    BalasHapus
  19. Ooh... intinya isi tulisan harus beda ya sob..? oy ada hukumannya dr google ngga sob kl copas gt? trus apa yg hrs kita lakukan trhdp blog lain yg copas dr blog kita, udah ga pake sumber eh nongkrong di posisi diatas kita?

    BalasHapus
  20. Oy buku tamu saya hilangin trs terang az biar komentx langsung di kotak komentar. Saya bingung hbs dilihat dari data pengunjung n data jmlh yg download ga sesuai dng koment sob, mlah banyak pesan2 di buku tamu! apa saya pasang lagi az sob.. hehe..?

    BalasHapus
  21. betul-betul..sebisanya kita hrs menghargai sesama pengunjung...mas knpa di Cboxny.. saya mau absen kok g bisa.tulisannya Posting failed. You cannot post - you have been banned

    BalasHapus
  22. Sip sobat...
    setuju....
    hargai orang lain jika ingin dihargai...

    Kalau boleh saya tambahkan,
    jangan gunakan verifikasi kode jika sudah menggunakan moderasi komentar atau sebaliknya...
    kasihan pengunjung...
    sebaiknya pilih salah satu...

    BalasHapus
  23. setuju sob.. sesama blogger harus saling mnghargai.. :k:

    BalasHapus
  24. kalo kita gak bisa menhargai org lain brarti kita gak bisa menghargai diri kita sendiri dan jangan berharap untuk mendapat penghargaan dari orang lain

    BalasHapus
  25. setuju bgt sobat!
    makanya, meskipun ada pengunjung yg nyepam, aku ttp terima kok...
    selama komentar mreka gak ada yg nyleneh atw tdk sopan...

    BalasHapus
  26. Yupz.. setuju sob, pengujung adalah aset buat blog kita karena tanpa pengujung tidak ada gunanya kita buat blog

    BalasHapus
  27. loading blog ane lambat gak ye....??? silahkan temen-temen maen dan komentar :)

    BalasHapus
  28. :K good blog folow me back ok tanks friends :D

    BalasHapus
  29. Setuju sob... sip deh...

    BalasHapus
  30. sepakat sekali bro, cma bingungx gimana caranya supaya loading blog kita cepat. Tapi persoalanya juga bukan hanya loading blogx tapi juga kan tergantung jaringan yang kita pake juga bro. hehehe

    BalasHapus
  31. wah bisa buat referensi blog saya ni bang?kayaknya sebagian besar bukan kriteria blog saya ya bang?jadi malu...hahahahaha

    BalasHapus
  32. alhamdulilah blog saya semakin cepat dan ringan :n:
    nice share sob :m:

    BalasHapus
  33. setuju 150% sama kang rizal..saling menghargai emang harus dibudayakan buat para blogger, termasuk saya :e

    btw, kang rizal udah beberapa kali mampir ke blog saya, mohon masukannya dong tentang blog saya? apa yang mesti dibenahin..pokoe kritik n sarannya dah..wokeh kang? matur tenkyu :m:

    BalasHapus
  34. hidup BLOGGER sejati ....
    kalo pingin di kunjungi ..yaa kunjungi dulu...
    kira kira begitu ya sob..
    buat sobat yang belum pasang "TINGGALKAN JEJAKMU" buruan dipasang.. biar kita makin akrab

    BalasHapus
  35. hii,kunjungan balik...
    ditunggu follownya ya
    :k

    BalasHapus
  36. @ One2pret
    saya gak tahu masalah itu sob, saya tidak banned IP anda sob, coba dicek lagi, saya sudah cek sobat tidak termasuk yang saya banned, mohon konfirmasinya.

    @ Complette
    terimakasih sob, masukkan anda sangat membantu, saya juga setuju dengan pendapat itu, dan saya mengalami hal yang sama, dan untuk pengunjung disini sengaja tidak saya tampilkan menunggu konfirmasi, tapi hanya verifikasi kata saja. terimakasih sob

    @ Todi
    Terimakasih mas atas dukungannya :n:, saya sudah berapa kali ya? he...
    yang pasti artikel-artikel mas todi menarik setelah saya beberapa artikelnya :n:

    @ All Commentators
    terimakasih atas dukungannya akan cara menghargai pengunjung blog, semoga dapat bermanfaat untuk sobat bloggers semua yang menjunjung tinggi etika dalam dunia blogging. salam admin.:n:

    BalasHapus
  37. Setuju banget mas, kita harus menghargai pengunjung emang... Makanya jangan lupa mampir balik ya. thank you

    BalasHapus
  38. betul betul betul...masukan yang bagus, terus berkreasi dan berkarya untuk kemajuan blog kita!!!

    BalasHapus
  39. yang palin penting yang terakhir itu mas...

    jangan marah kalo dikritik... jangan bangga kalo dipuji!! thanks

    BalasHapus
  40. Setuju untuk semua isi artikel diatas.

    BalasHapus
  41. untuk iklan melayang mas,,,
    benar2 saya pun merasa malas kadang membukanya,tapi kadang2 ko,,, =)

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  43. Sebagai blogger baru, Dinaz amat berterima kasih dgn apa yg disarankan..moga blog saya sukses seperti anda..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Menghargai Pengunjung Blog Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top