728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

21 Agustus 2010

Memasang Buku Tamu di Blog mungkin hal yang tidak asing bagi sobat blogger semua dan sobat semua sudah pasti tahu bagaimana cara membuat buku tamu/shoutbox di blog. banyak tutorial bagaimana cara membuat buku tamu ini dengan berbagai versi modifikasi untuk tampilan widgetnya, seperti dengan tombol open close dsb. namun bukan itu yang akan saya bahas, lalu apa? sedikit ulasan saya mengenai pentingnya shoutbox dan memasangnya dalam blog kita. buku tamu kita ibaratkan sebuah buku tamu undangan, secara simple kemampuannya adalah untuk tegur sapa, silaturahim, blogwalking, bertukar pikiran, berbagi info, dsb hingga promosi produk/jasa. hal ini memberi kemudahan bagi blogger/pengunjung blog itu sendiri. dengan memasang buku tamu, kita dapat meninggalkan jejak bahkan mengundang pemilik blog untuk mengunjungi blog kita. cara membuat buku tamu  di blog tidaklah sulit, sobat semua hanya cukup melalakukan tahapan dibawah ini :
  1. Daftar di cbox.ws 
  2. Isi form registrasi
  3. Setelah selesai registrasi, sobat akan dibawa ke panel/pengaturan cbox
  4. Setelah disesuaikan dengan keinginan tampilan cbox, sobat tinggal melakukan generated html code
  5. Copy kode html tersebut
  6. Kembali ke account blogger, klik rancangan
  7. Lalu klik add widget, klik html atau javascript
  8. Copy html code cbox tadi
  9. Simpan hasil kerja sobat, dan lihat hasilnya
Sobat semua pasti sudah tahu hal ini dan merasa mungkin artikel ini tidak menarik buat sobat semua, namun ada hal yang menarik yang ingin saya bahas mengenai hal ini. apa hal yang menarik tersebut, mari simak penuturannya :D
Ketika saya blogwalking kesana kemari, mampir ke blog yang satu dengan yang lain, saling tegur sapa dan berbagi informasi, tiba-tiba saya berkunjung ke salah satu blog, ternyata dalam blog tersebut TIDAK TERDAPAT SHOUTBOX/BUKU TAMU!, pikiran saya yang tertuju pada admin blog itu hanya satu yaitu CURANG, saya tidak dapat menafsirkan hal lain selain itu, saya mempunyai alasan tersendiri mengapa saya mengatakan demikian.
Saya merasa nyaman ketika blog yang saya kunjungi memiliki artikel menarik dan berguna juga bermanfaat, dan ketika itu semua sudah saya baca, telaah dan pahami, tanpa ragu sayapun menulis komentar untuk artikel tersebut. lalu kenapa blog yang saya kunjungi tersebut tidak memiliki shoutbox/buku tamu?? jawaban saya cuma satu, INGIN ARTIKELNYA DIKOMENTARI, jadi yang berkunjung ke blog tersebut agar mengomentari artikelnya. menurut saya, tak perlu curang untuk mendapatkan komentar blog, sobat semua hanya cukup membuat artikel yang baik, original, jelas padat dan bermanfaat. dengan seperti itu, niscaya pengunjung pun akan betah berkomentar di artikel sobat karena merasa artikelnya bermanfaat. mengapa saya mengatakan curang kepada pemilik blog yang tidak menyediakan buku tamu?
Jawabannya saya mungkin dapat sama dengan sobat semua, atau mungkin tidak ! begini jawabannya :
Mengapa saya mengatakan curang? pemilik blog tersebut ternyata hanya ingin menguntungkan dirinya sendiri dan tidak memikirkan kerugiannya untuk blogger lain, lho kenapa rugi? pemilik blog yang curang tersebut dapat dengan mudah blogwalking kesana kemari tanpa harus menunggu loading page membuka postingan, lalu untuk meninggalkan jejak kita harus berkomentar dan mengisi verifikasi kata, berapa lama kita berada dalam blog tersebut? sementara admin blog curang tersebut dengan mudahnya kesana kemari tanpa harus repot seperti kita ! meskipun blog tersebut dofollow, tapi cara tersebut menurut saya tidak etis jika blogger tersebut me-nonaktifkan buku tamu. etis kah hal itu dilakukan oleh seorang blogger sejati??
Memasang shoutbox/buku tamu sangat penting untuk meningkatkan alexa rank, berapa % kah pengunjung blog unik sobat perhari jika tanpa blogwalking? untuk blogger baru, pengenalan blognya jika tanpa blogwalking pasti serasa sayur tanpa garam. saya sendiri merasakan bahwa alexa rank sangat didukung dengan pengunjung unik ke blog kita salah satunya adalah pengunjung sesama blogger. 
Rasa kecewa tidak dapat saya bendung lagi mengenai masalah ini, dan sayapun merasa SANGAT MALAS untuk berkunjung ke blog tersebut, entah ini hanya perasaan saya saja, atau sobat semua juga merasakan hal yang sama, yang pasti hal ini sesuai dengan realita dan fakta dan artikel ini sedikitpun tidak bermaksud untuk mengada-ada.
Mohon koreksi apabila yang saya tulis ini salah, karena saya hanya ingin blogger bertindak professional tanpa merugikan satu sama lain, berdiri sama tinggi duduk sama rendah, kita datang bersama, pergi bersama dan sukses bersama. mohon kritisasi dan tanggapannya mengenai artikel memasang buku tamu di blog.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

41 komentar:

  1. @ Elvindinata
    Betul sob, hal itu memang sangat mendukung, kalu menurut saya seh mending ga usah blogwalking aja sob kalo ga nyediain buku tamu :k:

    BalasHapus
  2. Bener banget tuh sob,,, tanpa adanya buku tamu di blog kita, maka kita gak tahu sypa saja yang mengunjungi kita, pengen berkunjung balik, tapi gak ada tempat acuan, jadi buku tamu sangat bermanfaat,,,,

    BalasHapus
  3. ternyata pikiran kt sm sob, sy jg rada males maen ke blog tnp pnya buku tamu, tapi kl mmg artikel blognya menarik ya saya pasti komen, jd krg lebih tanpa ada buku tamu ato ndak ya sm saja, sy lbh fokus sm artikelnya :)

    BalasHapus
  4. wakakkakakakakka, tumben OL bebas nech, sorry lama ga berkunjung... nampak'nya tow topik waktu malem ney.. padahal aku mau bwt atikelnya boss eh keduluan, tp manteeeeb, hahahahhahahahahhahahahahahhahahah!! :d:

    emg sering kali kesel klo ga ada bku tamu, apa lagi pas koneksi kacaw balaw, tp lo udw niat koment kaya skr, n artikelnya juga berguna walopun kya gmn koneksi ttp koment :e:

    smangat2 sob!!

    BalasHapus
  5. Betul tul tul.. buku tamu penting kl kita gi ga posting berita baru,, jd yg berkunjung ga bisa ninggalin jejaknya.. :D

    BalasHapus
  6. tipsnya bagus nie...cocok buat yang lagi belajar membuat blog

    BalasHapus
  7. Infanya sangat bagus... ia buku tamu tidak buku tamu aja,, selain untuk trafik shotbox / cbox juga bisa menjalin persahabatan, perkenalan antar Blogger!!!

    BalasHapus
  8. Wah klo saya Dua 2 nya sob klo mampir diblog orang , ,
    Isi di buku tamu iya , Terus Di Komment iya jg asal Artikelnya masih berada di jangkauan pengetahuan saya , klo diluar pengetahuan saya , saya g' berani komment bis takut salah .
    :e:

    BalasHapus
  9. buku tamu? sepertinya harus ada.. karena menurut ane tidak mesti semua visitor punya banyak waktu o.l untuk membalas blogwalking sahabat blogger.. sedangkan untuk berkomentar setidaknya butuh waktu yg agak lama dalam memahami isi posting sebelum komentar.. tukeran link boleh2 saja.. confirm ya.. insya allah ane besok balik lagi kesini.. thanks :)

    BalasHapus
  10. kadang ada pula menyediakan Buku Tamu tapi posisi tidak di sidebar he he he he he :m: tetapi di dalam postingan tersendiri waduh sama saja harus kena loading page lagi ..... :d:

    BalasHapus
  11. dulu saya pernah pasang SB tapi sekarang aku copot soalnya komentar di artikelku menurun :e:
    btw, linknya udah aku pasang di blog aku, kalo berkenan link balik ya kak :n:

    BalasHapus
  12. mantap gan keren dah thk ya gan...

    BalasHapus
  13. ikut Cbox aja hehhe...
    thx atas infonya...
    tukar link sob>>>>

    BalasHapus
  14. hahaaa . . ,

    aq juga prnah kyk gitu sob . . , jwaban na pun sama . . ,

    :e:

    thanks 4 sharin' :m:

    BalasHapus
  15. wah tips nya boleh juga nih.. buat belajar dan tambah ilmu

    BalasHapus
  16. buku tamu penting juga untuk mengetahui jejak siapa aja yang masuk, tapi aku lebih suka sama yang ninggalin komentar, malah kalo bisa selain buku tamu disediakan pula cindera mata.. hehe.. kaya kondangan aja... maaf ya sob suka bcanda aku... makasih lo dah mampir ke rumah

    BalasHapus
  17. yang sabar ya kang,hehehe,,
    semangat utk terus blogwalking y,, :e:

    BalasHapus
  18. Kalau menurut saya, ada ataupun tidak ada buku tamu itu sama saja...
    Tidak ada kecurangan sama sekali sob.
    Sayapun juga merasa kesal seperti Anda tapi pasti "mereka" punya alasan untuk tidak memasang buu tamu...
    Saya sendiri lebih senang memasang buku tamu pada artikel postingan, dengan alasan takut page loadnya terlalu berat...

    mohon maf bila ada kesalahan...
    salam kenal..

    BalasHapus
  19. Buku tamu emang penting banget, apalagi kalo kita rajin bw bisa sambil ngobro ama temen temen ane :n:

    BalasHapus
  20. buku tamu itu penting buat nyari traffic. bahkan banyak temen blogger saya yang akrab ketemunya lewat blogwalking gitu. hehe..

    BalasHapus
  21. Saya sangat..setuju..setuju..setuju sekali... Sobat, yg idealnya setiap Blog/Website hrs ada buku tamu lah... walau ga ksh komentar dipostingan, yg penting kan dh bertegur sapa di buku tamu.....

    BalasHapus
  22. meski ada atau tidak ada buku tamu tetap blogwalking sob, namun mungkin bila ada buku tamu kita tahu siapa yang berkunjung. Salam

    BalasHapus
  23. setuju..apalagi pas koneksi kita agak lelet
    kalo saya seh ada gak ada buku tamu..maunya tetep comment

    BalasHapus
  24. buku tamu itu sangatlah penting, untuk kita dapat mengetahui siapa saja yang meninggalkan jejak di rumah kita. sam juga mempererat tali persahabatan dalam bersilaturahim walaupun hanya numpang lewat saja dan kitapun patut untuk kunjungan balik.

    BalasHapus
  25. Buku tamu sangat penting sekali buat nuingggalin jejak karena tidak munafik semua blogger yang berkunjung ke blog kita pasti mengharapkan kunjungan balik kaannn betuull..!
    berpikir positif saja dengan blog yg tidak ada sotbuk nya ini khan bulan ramadhan sobb hehhe

    BalasHapus
  26. :b: menurut saya... keuntungan adanya buku tamu yaitu adanya kemungkinan besar kita bakal di kunjungi olh visitor lain yg mengunjungi blog tsbt yg telah menyediakan buku tamu....

    kerugiannya dari buku tamu tsbt adalah bila 1 org blogger meninggalkan beberapa nama serta link yg berbeda padahal mrk adalah org yg sama *silahkan di chek massges cbok dan perhatikan IP Adrss nya...otomatis kita yg mengunjungi balik dan di rugikan 3 atau 4 halaman blog yg hrs di buka :b:

    jadi ...ada atau tidak nya buku tamu sama az...ada untung ada ruginya juga :n:

    BalasHapus
  27. benar sobat aku sebelum pakai buku tamu ga' ada yg kunjungi blog aku paling2 2-3 tp setelah dua hari pakai shoutbox 1 hr lebih dari 20 pengunjung dan rank alexa sebelum 24jt 2hr pakai sekarng 6jt......

    BalasHapus
  28. Saya juga sama sob...memasang Buku tamu do blog mang bermanfaat, juga menunjukan kalo blog  tersebut mang ramah dan open hand kepada para pengunjungnya...

    BalasHapus
  29. sering juga tuh nemuin blog yang gak ada buku tamunya :a:
    klo saya sih langsung tutup aja itu blog, jadi bete :j:

    sebenernya buku tamu itu banyak manfaatnya loh :m:

    BalasHapus
  30. mantap bro..jangan pernah berlaku curang,,harus adil..koment plus ngisi buku tamu

    BalasHapus
  31. Yang tidak memasang buku tamu pasti punya alasan sendiri, dan saya menghargai saja.
    Kalo saya sih selalu memasang buku tamu di blog2 saya, supaya para sahabat yang berkunjung mudah utk meninggalkan jejaknya.

    BalasHapus
  32. @ Diary Osi
    terimakasih mbak atas tambahannya, memang itulah beberapa resiko memasang buku tamu, saya juga mengalami hal tersebut, makannya kalau mau blogwalking, saya lihat dulu IP nya sama atau tidak, jadi blogwalking tidak sia-sia.

    @ All
    Terimakasih atas komentarnya, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat dan sesuai dengan kenyataannya, dan berdasarkan komentar sobat semua, ternyata semuanya mendukung adanya buku tamu di blog, meskipun ada yang tidak memasang dengan alasan tertentu, entah apa, yang jelas, tindakan adil sesama blogger perlu diperhatikan

    BalasHapus
  33. bisa jadi buku tamu ya
    baru tau aku

    BalasHapus
  34. hahaha, curhatan yang menarik sob, :m: :m: :m: :d:

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. mantap fren infonya, bisa tukeran link fren???

    BalasHapus
  38. uueeyy hebat kawanku.........

    sukses trus ya buat kamu..:)

    jika berkenan silahkan mampir balik....:)

    BalasHapus
  39. SIP INFO MENARIK! *aku tidak punya kolom komentar :(

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Memasang Buku Tamu di Blog Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top