728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

16 Agustus 2010

Deteksi Spam Otomatis Fasilitas Baru Blogger. semakin hari semakin banyak perubahan yang diberikan oleh blogger mengenai layanan dan fasilitas blogging. setelah sebelumnya blogger menciptakan readmore secara otomatis yang sebelumnya tidak pernah ada dalam kamus blogger lama, kini pengguna layanan blogger dapat dengan mudah memotong artikel/postingan pada halaman utama dengan fasilitas readmore.setelah sekian lama hal yang ditunggu pun tiba, setelah sebelumnya saya sendiri iri dengan pengguna wordpress yang sangat nyaman dengan adanya spam block. saya sangat benci dengan satu kata ini, yaitu SPAM, apalagi jika dalam komentar saya terdapat spam, LANGSUNG SAYA HAPUS!, saya pun telah menandai beberapa blogger yang hanya komentar untuk meningkatkan traffic saja dan lebih disayangkan lagi, blogger tersebut merangkap professi sebagai SPAMMER. jika dikunjungi oleh blogger ini, komentar blog anda akan penuh dan niscaya isinya ternyata SPAM SEMUA, mau kah komentar anda berisi SPAM yang akhirnya dapat membuat blog anda semua merosot dimata google? tentu tidak ! maaf sebelumnya saya membahas ini, namun perlu sobat semua tahu bahwa kebiasaan/praktik nyepam tidak pernah ada dalam kamus blogger dan hal buruk seperti ini haru benar-benar ditnggalkan, naturaly saja untuk mendapatkan traffic and backlink, berkomentar bijak justru akan membuat blog sobat semua betah untuk dikunjungi.perlu sobat semua ketahui pula,jika sobat belum memiliki pagerank dan traffic yang lumayan, hal ini (spam) akan berdampak buruk pada kemajuan blog sobat, bahkan bisa dianggap JUNK BLOG oleh om google. Namun kini saya beserta pengguna blogger semua tidak perlu khawatir lagi, blogger kini mempunyai fasilitas baru yaitu Spam Filter, jadi SPAMMER ga bakal MEMPAN mampir buat KOMEN NYEPAM !.BLOG DOFOLLOW ini, ternyata salah satu incaran juga buat mereka para spammer yang ingin mendapatkan backlink dan menjatuhkan pihak yang memberi backlink, haduh...............perlu sobat ketahui pula bahwa komentar adalah salah satu bagian yang paling integral dari blogging: inilah yang membuat blogging sebagai tempat percakapan, bukan monolog. Karena itulah Team Blogger sangat senang mengumumkan dua perbaikan baru keren untuk sistem komentar Blogger: jauh lebih baik untuk penyaringan spam dan kemampuan untuk melihat semua komentar di blog Anda di satu tempat.
Contoh SPAM : Mengetik Link Pada Komentar, Komentar tidak sesuai Isi Artikel
Sebuah blog adalah sistem komunikasi terbuka, mengundang percakapan dari semua pengguna web. dengan berkomentar, maka artikel yang dikomentari akan terasa manfaat dan nilai sharingnya,namun ada saja yang dimanfaatkan oleh spammer maniak. meskipun cara yang digunakan menggunakan cara yang simple yaitu berkunjung dan berkomentar bergaya spam, hal itu ternyata malah memunculkan ide jahat yang briliant yaitu spammer telah menemukan cara mereka untuk menyebar Spam ke kotak komentar anda dengan Mesin Spam, mereka tidak perlu mendatangi Blog anda untuk Komentar. Untuk memerangi spam, Anda dimohon mengaktifkan moderasi semua komentar atau verifikasi kata yang diperlukan untuk antisipasi spam. Ini juga bisa membatasi kelakuan tukang Spam .
cara mengaktifkan Spam Filter ini adalah klik pengaturan lalu klik komentar lalu aktifkan moderasi komentar, maka tab komentar yang didalamnya berisi komentar yang diterbitkan, dan komentar spam akan muncul disebelah kanan tab posting

Untuk mengatasi ini, Pihak Blogger telah mengintegrasikan teknologi Google spam filter ke dalam sistem komentar Blogger. Beberapa dari Anda akan melihat tab "Komentar baru".
(Catatan: Blogger rolling ini di sebarkan secara bertahap untuk semua pengguna, sehingga sebagian dari Anda mungkin tidak melihat tab Komentar baru belum) Pada tab Komentar., Ada Spam sub-tab yang menunjukkan semua komentar yang kemungkinan spam.

Komentar-komentar di kotak masuk Spam tidak terlihat oleh pembaca Anda. Di sini, Anda dapat secara permanen menghapus komentar spam dengan memilih mereka dan memilih Hapus. Anda juga dapat menandai komentar sebagai Bukan Spam yang telah salah diklasifikasikan sebagai spam (apa yang kita sebut "false-positif"). Pilih Bukan Spam dan komentar-komentar yang dipilih akan dipindahkan dari daftar spam dan akan segera dipublikasikan di blog Anda.

Tindakan ini juga membantu team Blogger sebagai umpan balik yang lebih baik untuk mengidentifikasi spam di blog Anda. Blogger mendorong Anda untuk sesekali memeriksa kotak masuk Spam Anda untuk melihat apakah ada komentar non-spam telah ditandai sebagai spam. Perlu diketahui bahwa penyaringan spam saat ini hanya berlaku bagi komentar baru.

Anda dapat melaporkan masalah apapun dengan sistem spam baru ini dengan mengklik Laporan Spam "penyaringan isu" link di bagian bawah Komentar | Spam halaman, atau dengan mengunjungi halaman ini Forum Bantuan.

Komentar "Inbox"

Blogger juga menciptakan tempat di mana Anda dapat melihat semua komentar yang telah dipublikasikan di blog Anda. Komentar | Ditampilkan sub-tab memberikan pandangan yang sama seperti kotak masuk email Anda. Pandangan ini sangat berguna ketika Anda ingin melihat semua komentar di blog Anda di satu tempat. Dengan kotak masuk komentar baru, mudah untuk menemukan komentar baru pada posting lama.

Dalam Komentar | Ditampilkan sub-tab, Anda dapat memilih komentar dan menandai mereka sebagai spam atau menghapusnya. Ketika Anda menandai komentar sebagai Spam, akan segera dihapus dari blog Anda.
Moderasi komentar juga bergerak dalam tab Komentar dan telah diperpanjang untuk memungkinkan Anda menandai komentar sebagai Spam.
-----Semoga Bermanfaat-----
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

34 komentar:

  1. bagus sekali sob postingan anda "Cakep banget" dengan adanya fasilitas baru blogger saya sendiri sangat senang, posting lebih enak engga ragu lagi untuk posting. Apalagi sekarang sudah ada fasilitas tambahan di blogger "read more" makin bagus blogger " gak berlebihan boleh diucapkan selamat untuk Om Google " terima kasih ya atas sharing anda semoga bermanfaat untuk kita semua"....

    BalasHapus
  2. nah ini yang ditunggu-tunggu sebuah artikel yang bagus, jika ada lagi yang lain ditunggu ya sob postingannya. Terima kasih atas tip sobat

    BalasHapus
  3. di blog saya kok ga ada yaaa..?? cara pasangnya gmn? padahal waktu ini saya dpt pesan anti spam dari blog pas baru masuk dashbor!!

    BalasHapus
  4. @ Chuckysharpeye
    Caranya klik pengaturan klik komentar dan aktifkan moderasi komentar, maka fasilitas spam akan segera muncul dalam tab komentar

    BalasHapus
  5. sebenernya saya sudah beberapa kali membaca adanya tab comment di blogspot tapi saya masih belum ketemu mas ada apa gerangan yang terjadi, beberapa kali saya coba relog juga belum muncul :a: salam kenal mas

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. salam kenal mas,
    blogspot memang semakin hebat dengan menambahkan berbagai fasilitas baru setelah fasilitas perancangan template, statistik dan sekarang adalah komentar spam filtering, tapi lah ya di tempat saya ko belum nongol sampe mumet nyari²nya apa mungkin belum stabil ya mas? penasaran saya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  8. dengan adanya fasilitas filtering seperti ini pengguna blogspot akan semakin enggan untuk beranjak, saya sedang mencoba menerapkannya..

    BalasHapus
  9. makasih sahabat atas postingannya, menarik sekali dengan fasilitas baru blogger, btw perlu dipelajari terlebih dahulu.

    BalasHapus
  10. lur sabener na spam tu apa sih?
    kuring kurang ngerti cuy.......hahaha
    maklum saya kan newby,hehehe
    minta penjelasana nya!
    diantos

    BalasHapus
  11. Wah, Kali ini hati-hati yah buat spammer..
    Blog Naturaly...

    Keep POST
    By: Belajar SEO Yuk

    BalasHapus
  12. mantabs nih .. spam mengganggu bgt nih

    BalasHapus
  13. yep... makin mantep aja nih kang blogger!!!

    BalasHapus
  14. Terima kasih banyak sob , langsung ke TKP dulu ne untuk dicoba, :K:

    BalasHapus
  15. Sob izin kommen se x lagi , tu klo mau mengetahui komentar yang spam gmn caranya ya ? balas ya sob

    BalasHapus
  16. ia mas untung blogger dah canggih nie..blog dofollow aq juga kena imbas.salam kenal

    BalasHapus
  17. @ Topi
    cara cek itu spam atau bukan ga sulit ko sob, liat aja dalam komentarnya ada link ga, kalo dalam komentarnya ada link, hapus aja komentarnya, satu lagi, kalau komentarnya ga sesuai dengan isi postingan, hapus juga komentarnya...semoga membantu

    BalasHapus
  18. pengguna blogspot semakin dimanjakan layaknya WP :n: :m: makin mantap pake blogspot :m:

    BalasHapus
  19. terima kasih informasinya juragan,
    salam kenal, saya bloger pemula :e:

    BalasHapus
  20. baru tau nih sob ane... keren juga ya... makasih buat infonya...

    BalasHapus
  21. Wah wah wah bagus bgt infonya aq niscaya pasti kmbali membacanya lagi....

    BalasHapus
  22. Wah saya malah baru tau, cz kl login belum ada pemberitahuan gt,, mungkin belum kali ya..

    mksh infox

    BalasHapus
  23. jawaban sobat asrizal untuk @ topi >>>> saya belum ngarti niih yang dimaksud tersebut....kalo dalam komentarnya ada link, hapus aja komentarnya.... link disini maksudnya url atau apa yaaa, apa bisa diberikan contohnya? .... makluuum ...
    trims yaa atas infonya, sukses selalu n tetap semangat, jawaban ditunggu niih.

    BalasHapus
  24. @ Harto
    begini sob, mari saya jelaskan, begini contoh komentarnya

    contoh komentar tanpa spam :
    info yang sangat menarik, sangat berguna bagi saya apalagi hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi saya, tetapi mungkin hal ini perlu saya coba, jika ada masalah saya akan menghubungi anda kembali.

    contoh komentar SPAM :
    thanx infonya sob, jangan lupa mampir ke blog saya ya http://bloggerbencispammer.blogspot.com

    dari kedua contoh diatas, dapat sobat ketahui bahwa isi komentar yang di dalamnya disisipkan link itulah komentar spam, dan lebih baik dihapus saja, coba bandingkan dengan contoh komentar pertama? komentar yang bijak, yang berhubungan dengan artikel, dan benar-benar mengacu pada artikel.dapat dipahami?

    BalasHapus
  25. @ sobat asrizal >>>> alhamdulillah... trims yaa baru tau niih, memang ada juga siiih yang koment seperti contoh no. 2, jadi harus dihapus yaaa...?
    terima kasih atas penjelasannya, smg sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  26. Waw..... smoga blogger kedepannnya seperti wordpress...
    AMIEN....

    BalasHapus
  27. wahh mantep...keren ya..thx 4 sharing

    BalasHapus
  28. satu fasilitas yg ditunggu..

    BalasHapus
  29. Nice post, SPAMMER ada dua penyebab bro...
    1. Sengaja melakukan spam
    2. Akibat loading lamban dan bikin macet, shg komentar tdk muncul... nah, utk memastikan komentar nya maka blogger sering melakukan berulang-ulang dan ternyata begitu muncul semua komentar sebelumnya juga ikut muncul

    BalasHapus
  30. Sorry lambat boz ...? lain waktu minta ilmunya doong biar posting bisa read more?:k:

    BalasHapus
  31. makasih sob infon ya sebelum nya saya gak tau apa itu spam, setelah membaca ini saya jadi tau dan lebih berhati hati dalam berkomentar

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Deteksi Spam Otomatis Fasilitas Baru Blogger Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top