728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

19 Maret 2010

Indonesia adalah negara yang berada tepat dilewati oleh garis khatulistiwa dan merupakan negara beriklim tropis. indonesia kaya pula akan flora dan fauna nya. belakangan ini kembali ditemukan fauna baru di perairan indonesia yaitu berupa ikan kura-kura yang menurut pakar dari washington tersebut adalah ikan jenis baru. sungguh mengesankan, namun mengapa yang menemukan bukan anak bangsa? dari hal tersebut, mari kita kaji, kita olah dan lestarikan perairan indonesia. jikalah yang menemukan adalah anak bangsa, banggalah negeri ini. Surat kabar harian the Globe and Mail edisi 27 Februari 2009 telah memuat berita tentang penemuan jenis ikan bam yang disebut 'frogfish' di perairan Ambon. Menurut laporan tersebut, ikan yang bernama latin psychedelic ini mempunyai warna-warna cemerlang, bergerak memantul di. dasar laut seperti bola karet, merupakan jenis ikan baru. Ikan yang dinamakan juga ikan kura-kura ini, memiliki kulit berbelang - belang dengan warna coklat - oranye, mulai dari mata sampai ke bagian ekor. Ikan ini ditemukan oleh seorang instruktur penyelam setahun yang lalu diperairan pulau Maluku, bagian timur Indonesia.

Menurut pakar dari Universitas Washington, ikan ini dinamakan Psychedelica, keluarga antennariidae genus, Histiophryne. Seperti ikan kura-kura lainnya, ikan ini mempunyai sirip di kedua sisi yang apabila mengembang terlihat seperti kaki.

Ikan ini mempunyai beberapa perilaku yang tidak dimiliki oleh ikan lain. Ketika menyentuh dasar laut, ikan ini menggerakkan siripnya, gerakkan ini menyebabkan air keluar dari lubang insang sangat kecil, mendorong ikan ini untuk bergerak maju. Posisi ekor yang terletak tidak di tengah menyebabkan ikan tersebut memantul ke segala arah. Ikan yang sebesar kepalan tangan ini, tubuhnya ditutupi dengan gelatin dengan lipatan kulit yang tebal untuk melindunginya dari karang yang tajam, memiliki muka datar dengan mata mengarah ke depan seperti manusia dan mulut menganga yang sangat besar.

Mark Erdman, penasihat senior pada Program Kelautan, Konservasi Internasional mengatakan, penemuan ikan ini merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan dan spektakular. Menurutnya garis-garis belang pada ikan tersebut untuk meniru karang, tempat ikan itu hidup. Penemuan ini membuktikan bahwa ada keanekaragaman luar biasa di lingkungan kelautan serta fakta bahwa ada banyak ikan yang belum diketahui di Indonesia dan di Segitiga Karang secara umum.

Pengamatan:

Penemuan jenis baru ikan ini menambah kekayaan keragaman hayati laut Indonesia sekaligus merupakan salah satu daya tarik wisata bahari Indonesia. Oleh karena itu perlu dipublikasikan dan dipromosikan secara luas. Pemerintah baik pusat maupun daerah juga perlu terus menggalakkan program perlindungan dan pelestarian terumbu karang sebagai lingkungan hidup hewan-hewan laut tersebut. Bila perlu bisa dilakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian untuk melakukan peneiitian dan pengembangan lebih lanjut.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

16 komentar:

  1. Subhanalloh.. Unik yaw.. Tx infonya nih

    BalasHapus
  2. nice info sobat,, sayang kita sebagai orang indonesia selalu telat yah..
    tapi kita mesti bangga sebagai orang indo yg punya banyak keragaman yg gak dipunya negara lain :)

    BalasHapus
  3. Waaaah,
    Kurang jeli siy...
    Akhirnya kedahuLuan ma orang luar!
    Hm,Ikannya unik!
    Punya Indonesia pula!
    waduh...bangga jadi orang indonesia

    BalasHapus
  4. @ Akhatam
    ia sob, sama-sama...mari kita berbagi informasi

    @ Noenu
    sebagai generasi bangsa kita harus lebih jeli dan menjaga juga melinfungi kekayaan alam kita sob

    @ Nyiel
    siip.....tapi yang penting kan ga di akui oleh negara lain lagi kekayaan kita? he....

    BalasHapus
  5. indonesia memang gemah ripah loh jinawi hehe
    tp kenapa masih banyak yg kekurangan yaw udah dikaruniakan bgitu banyak kekayaan di bumi indonesia ini


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    BalasHapus
  6. wah makasih infona baru liad ini ada ikan kura2

    blogwalking

    BalasHapus
  7. Banyak hal2 aneh akhir2 ini....kiamat sdh dekat kayaknya

    BalasHapus
  8. aku cinta indonesia dahh...
    dan kapann ya orang sendiri menemukann fauna baru di negara tercintanya sendiri. kenapa harus orang luar trus

    BalasHapus
  9. beneran itu kura-kura....baru tahu tuh bentuknya seperti itu kalau lbh dekat...btw oke juga infonya, thaks ya...

    ohya dah aku follow tuh, follow back ya...

    BalasHapus
  10. @ All
    yups...mari kita budayakan untuk menjaga kelestarian alam yang ada.....

    BalasHapus
  11. Indonesia emang bener2 kaya!!! tapi kok bentuk nya nggak kayak kura-kura sie???

    BalasHapus
  12. kalo ikan jerapah ada nggak yaah...hehehehe

    BalasHapus
  13. lah ikane unik banget.....aneh juga heheh

    BalasHapus
  14. datang berkunjung kembali, sob bentar lagi dapat tag neh dari aku

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Penemuan Ikan Kura-kura di Maluku Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top