728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

14 November 2009

Berkacamata hitam memang merupakan hal yang menyenangkan terutama di Indonesia yang banyak terkena sinar Matahari. Selain bisa bergaya, kita juga terhindar dari silau akibat sinar Matahari.
Sedemikian populer kacamata hita, sehingga amat mudah dan murah untuk mendapatkannya.

Tapi, apakah anda tahu bahwa berkacamata hitam yang sembarangan dapat berujung kebutaan?
Wah, jangan langsung membuang kacamata hitam anda. Coba lihat dulu ada apa dibalik peringatan tersebut.

Mata kita mempunyai struktur seperti sebuah kamera (atau kamera yang mempunyai struktur seperti mata kita?)
Jadi ada bagian yang menerima cahaya yang disebut kornea; Ada diaphragm untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk, disebut pupil; Ada lensa yang mengatur fokus dari cahaya yang masuk; Juga ada bagian pengubah sinyal cahaya menjadi sinyal yang dimengerti oleh otak sehingga kita melihat, disebut retina.

Dengan demikian, kita mengetahui bahwa retina adalah bagian yang amat penting dalam proses manusia melihat sesuatu. Tanpa retina berarti tidak ada sinyal informasi yang dikirim ke otak, sehingga kita tidak bisa melihat.

Pupil akan mengecil ketika mata kita tertimpa cahaya yang berlebihan, dan akan membesar ketika jumlah cahaya yang diterima kornea berkurang. Dengan demikian retina menjadi terlindungi dari bahaya terbakar akibat cahaya yang berkelebihan dan tetap berfungsi dengan baik pada saat kurang cahaya.Dengan berkacamata hitam, maka otomatis pupil akan membesar karena jumlah cahaya yang masuk berkurang karena sebagian cahaya ditahan oleh si kacamata hitam. Tapi selain cahaya yang tampak, juga ada cahaya yang tak tampak yang justru lebih berbahaya dari cahaya yang tampak.
Cahaya tersebut adalah inframerah dan ultraviolet.

Yang menjadi masalah adalah "TIDAK SEMUA KACAMATA HITAM DAPAT MENAHAN SINAR INFRAMERAH DAN ULTRAVIOLET"
Pada beberapa kacamata berkualitas rendah, sinar ultraviolet dan sinar inframerah dilewatkan begitu saja, sehingga retina mata (yang pupilnya membesar akibat sebagian cahaya tampak ditahan oleh kacamata hitam) akan terpapar oleh inframerah dan ultraviolet secara berlebihan.

Inframerah berlebihan bisa berakibat terbakarnya retina mata dan ultraviolet yang berlebihan dapat memicu timbulnya kanker.

Jadi, pastikan kacamata hitam anda juga melindungi anda terhadap inframerah dan (terutama) ultraviolet.
Dan walaupun menggunakan kacamata hitam, jangan biasakan untuk menatap Matahari (atau pantulan sinar Matahari) secara langsung.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Bahaya Kacamata Hitam Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top