728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

10 Agustus 2009

Banyak hal yang dilakukan oleh blogger untuk menghindari spam, untuk menghindari komentar yang tidak diharapkan dan untuk menghindari pageranknya turun karena banyak komentar yang tidak sesuai dengan artikel yang diterbitkan. komentar, tentu hal yang diharapkan blogger setelah postingan itu dimuat/diterbitkan, selain untuk meningkatkan alexa, tentu hal itu juga yang membuat blog terindex/terbaca google. dan tentunya, memuat artikel yang menarik adalah cara meningkatkan pengunjung blog. namun apakah gerangan dengan moderasi dan verifikasi kata untuk komentar? Tentunya banyak yang menyesalkan hal itu setelah saya selidiki dan memposting artikel ini. banyak sekali yang menyayangkan tentang moderasi dan verifikasi kata untuk komentar ini (berdasarkan survey), kenapa? dalam postingan kali ini, saya ingin berbagi bagaimana cara agar komentator betah berkomentar di blog kita ada beberapa cara yang dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan pengunjung blognya, dengan blogwaling, optimisasi SEO, dsb. dan banyak pula dengan cara blogwalking itu, mereka menyisipkan link artikelnya dengan ketentuan si pengunjung memberi komentar akan artikel tersebut, namun ketahuilah, hal itu SPAM !, jika anda blogger yang baik, hal itu tidak perlu dilakukan, link utama lah yang anda berikan jika anda blogwalking.
Seperti halnya dalam berkomentar yang baik, si pemilik blog, harus memberikan yang terbaik pula bagi pengunjungnya, demi meningkatkan pengunjung untuk berkomentar, ada kalanya kita memfasilitasi komentator dengan baik. ketahuliah pula, moderasi komentar sekarang sedikit tidak disukai oleh blogger (menurut survey) meskipun hal ini untuk menghindari spam, karena si pemilik blog yang mengaktifkan moderasi komentar saya sendiri menyebutnya "pengecut", kenapa?dia mungkin saat blogwalking dan ingin meningkatkan pagerank, alexa rank dan SEO nya dengan cara berkomentar, dengan mudahnya, namun saat kita berkunjung ke blog si curang ini, malah link kita dan tujuan kita berkomentar malah seakan ditunda dan semau dia. bukan maksud pamrih, tapi meskipun niat kita hanya berkomentar, tapi dibalik itu semua ada timbal balik meskipun kecil seperti backlink. Blogger sejati mampu menerima pahit, manis komentar dari pengunjung, dan rasa tanggung jawab anda terhadap posting yang anda muat, janganlah anda menjadi pengecut/tidak mempertanggungjawabkan artikel anda, dengan mengaktifkan moderasi komentar, itu menandakan anda tidak siap dengan segala resiko anda memuat artikel tersebut (menurut saya dan beberapa orang pun sama beranggapan seperti ini). 
Dan tahukah anda, setelah dilakukan survey, Moderasi dan Verifikasi Kata Komentar yang Bermasalah ternyata merupakan hal yang cukup fatal bagi komentator dalam merespon isi artikel, tentu hal itu yang ingin saya utarakan. kenapa? pernahkah kita berkunjung ke blog sahabat, dan saat kita blogwalking ingin berkomentar, lalu setelah kita berkomentar kita dimintai kode verifikasi yang bermasalah, sangat malas tentunya, apa lagi jika modem yang kita gunakan lemot, gangguan, dsb. dan lebih parah lagi, hal itu ingin sekali kita utarakan melalui komentar tersebut, namun verifikasi kata komentar itu sangat mengganggu karena hanya tampil sebagian, dan form untuk verifikasi kata tidak muncul? Jengkel tentunya, hal itu saya rasakan dan saya alami sendiri, juga sahabat saya Trikantara, yang curhat tentang hal ini karena beberapa pengunjung yang ingin komentar di artikelnya tidak dapat dilakukan karena masalah seperti ini.
Apalagi setelah semuanya beres, komentar pun kita publish dan ternyata membutuhkan persetujuan dari admin, setelah beberapa hari di cek kembali tidak kunjung di publish. bagaimakah perasaan sobat?
Untuk mengatasi hal diatas ada baiknya jika kita hendak mengaktifkan Verifikasi Kata, periksa lah terlebih dahulu template kita, apakah bermasalah atau tidak. karena seperti hal yang saya utarakan diatas, tidak sedikit form verifikasi kata hanya muncul setengahnya saja, dan hal itu membuat komentator gagal total mengutarakan komentarnya.
Dan jika mengaktifkan Moderasi Komentar, harap untuk selalu update publish komentar yang perlu di moderasi. jika memang menghindari spam, diharapkan beberapa minggu sekali untuk mengupdate dan menghapus komentar yang berisi spam tersebut.
Hal diatas merupakan pengalaman pribadi saya dan beberapa sahabat blogger lainnya diantaranya adalah trikantara (Antara Putra). Mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan, artikel ini ditujukan utuk sharing semata.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

14 komentar:

  1. verifikasi kadang2 dibutuhkan, utk menghindarkan spam.
    emang sih, bikin jengkel dengan adanya verifikasi kata (apalagi inet kita lemot ya).
    saya sendiri memilih utk tdk menggunakan verifikasi kata..
    thanks ya udah berbagi pengalamannya..

    BalasHapus
  2. Oh GITU cob, baru jelas ni SPAM di komentar tu apa. Sorry emang alexa, page rank atau apalah semua itu tergantung banyaknya Komentar ya atau GIMANA????
    SORRY BUANGETTTS

    BalasHapus
  3. :33 top deh mas aq juga setuju tuh..
    :53

    BalasHapus
  4. " janganlah anda menjadi pengecut kawan, dengan mengaktifkan moderasi komentar, itu menandakan anda tidak siap dengan segala resiko anda memuat artikel tersebut. setuju dengan pendapat saya? "

    Setuju Bro... emang kadang menyebalkan, aku juga mau aktifkan petunjuknya sekarang juga....

    BalasHapus
  5. Siip, sharing yang mantap neh. Salam merdeka.

    BalasHapus
  6. Kadang2 kode verivikasi dianggap salah. padahal menurut kita udah bener tu, hmmmm

    BalasHapus
  7. mampir komen mas. iya ferifikasi huruf kadang ribet mas mending langsung aja he3... say a follow blognya mas. follow balik yah

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. @ Ziegey
    saya setuju dengan anda sob, memang banyak yang comment dengan maksud ingin backlink. thank banget sob atas masukkannya. and untuk masalah comment dengan anonim, rasanya hal itu termasuk topik yang saya bicarakan klu kita " harus mempertanggungjawabkan posting yang kita buat ", memang dia komentator yang tidak bertanggung jawab, tapi, siapkah kita menerima manis dan pahit komentar dari pembaca dari posting yang kita muat?

    @ aneh - aneh
    coba anda periksa lagi sob, blog ini dofollow...
    saya sudah cek htmlnya, silahkan di cek.

    BalasHapus
  10. Intinya antara pamrih dan ngga pamrih ngga ada bedanya sob,semua kembali pada individu masing masing buat aku justru ngga penting backlink atau alexa yang justru penting adalah kepuasan saat blog kita di kunjungi oleh banyak orang karena informasi yang kita berikan,sebagai sesama blogger rasanya klo kita berharap backlink semata kita malah di perbudak backlink kommentpun asal asal'an kan,maju terus blogger indonesia salam indonesia damai.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. ya komen verifikasi memang kadang merepotkan apalagi jika di scroll, tapi klik komen ga muncul..tapi ya itu sah2 aja sbg tuan rumah...tapi ya aku ga pakai tu verifikasi, selama artikel ku hasil jerih payah sendiri dan ga berbau SARA....

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Moderasi dan Verifikasi Kata Komentar Bermasalah Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top