728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

05 Juli 2009

Pascal adalah sebuah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu, sehingga pascal mempunyai banyak kelebihan-kelebihan diantaranya : * Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar seperti : boolean, integer, real, char, string, word.
* User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
* Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
* Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function yang merupakan program kecil di dalam program) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
* Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Hebatnya lagi, bahasa PASCAL masih digunakan sebagai standar bahasa pemrograman TOKI (Tim Olimpiade Komptuter Indonesia) dan IOI (International Olympiad in Informatics), lho…

Contoh program Pascal yang paling sederhana yaitu :

Program program_pertamaku;
begin
end.

Nah, program diatas merupakan program paling sederhana dari bahasa Pascal.

Program program_pertamaku;

Baris program di atas merupakan bagian judul program. Setiap program tidak diharuskan menggunakannya, biasanya sih seorang programmer menggunakannya hanya agar listing programnya kelihatan rapi.
Tapi saya sangat sarankan untuk menggunakannya, kan enak kalau rapi ;-)


begin
end.

Bagian di atas merupakan bagian program utama, di sini lah programmer menuliskan perintah – perintah nya.

Jika program ini di-compile, hasilnya tidak ada apa-apa karena di bagian program utama tidak diisi apapun.

Selain bagian judul program dan program utama, bagian penting lainnya yaitu bagian deklarasi.

Karena program yang sedang kita bahas adalah program yang paling sederhana, maka tidak memerlukan deklarasi.

Namun, setahu saya semua program memerlukan bagian deklarasi, baik itu deklarasi variabel, konstanta, tipe, dan label.

Wah2.. Rumitkah? Kalau Anda menganggapnya rumit ya rumit, tapi kalau Anda menganggapnya nggak rumit ya nggak rumit. Yang pasti nggak usah dijaiin rumit, lah. Kalau kita berusaha Insya Alah bisa :-D

Hmm…. apa saya sudah terlalu jauh ngebahas nya pada pengenalan ini, ya?

Oke, deh…. selebihnya akan saya lanjutkan di artikel2 berikutnya.

Sampai jumpa :-)
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Turbo Pascal Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top