728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

18 Juli 2009

Secara teoritis saya tahu bahwa boot (bot) yahoo messenger dapat digunakan untuk menyerang siapa saja yang memasuki dunia chatting yahoo messenger. Entah itu lewat chat client apapun atau lewat media apapun. Dan inipun termasuk lewat Yahoo Messenger Mobile (di Hand Phone). Untuk mengetahui seseorang sedang mobile atau chatting lewat handphone sangatlah mudah, hanya dengan melihat status seseorang di list messenger kita, kita bisa mengetahui dia chatting lewat handphone atau tidak.Saya juga mengetahui bahwa menyerang pengguna yahoo messenger mobile atau yahoo messenger di hand phone merupakan sasaran empuk dan sangat lezat. Artinya kemumpunian atau keefektifan serangan boot (bot) dapat dijamin mampu membuat mereka disconect. Saya kok yakin lebih dari 99,99 persen serangan bot (minimal 10 id bot) ke pengguna handphone mampu membuat mereka disconec dari om yahoo dan akan sangat mungkin pula membuat handphone mereka hang (berhenti bekerja).

Kenapa saya begitu yakin dengan serangan bot ke handphone ini. Pertama adalah fakta bahwa handphone bukanlah komputer yang memiliki kapasitas prosesor maupun memory yang besar. Berapa sih kapasitas memori atau kecepatan prosesor di Hand phone? Sangat kecil dibanding dengan komputer pastinya. Untuk melakukan multi tasking (membuka dua aplikasi atau lebih dalam waktu yang bersamaan) saja handphone akan langsung tersendat sendat. Ini membuktikan bahwa handphone tidak memiliki kapasitas kerja yang bagus dan baik dibanding komputer. Handphone hanyalah komputer mini.

Hal kedua adalah koneksitas ke internet alias ke servernya om yahoo yang sangat kecil akan sangat mudah membuat mereka disconect. Nah, beberapa alasan inilah yang membuat saya berfikir bahwa secara teoritis pengguna yahoo messenger mobile sangatlah rawan terhadap serangan boot.

Suatu ketika seorang teman saya meminta saya untuk mengajarinya “bermain boot”. Nah saya pun setelah sekian lama dibujuk akhirnya mau mengajarinya atau lebih tepat menunjukkan bagaimana boot itu bekerja. Karena untuk menunjukkan kerja dari boot inilah saya memerlukan korban atau sasaran serangan. Oleh teman saya kemudian ditunjukkan salah satu temannya yang sedang online. Dan kebetulan dia online lewat handphone.

Karena sebelumnya saya belum pernah mencoba langsung serangan ke handphone ini maka saya pun ingin tahu seberapa besar efek serangan boot ini ke handphone. Setelah menyatakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas semua hal atau kejadian yang nantinya akan terjadi karena serangan boot tersebut saya pun menjalankan aksi serangan tersebut. Segala konsekuensinya saya serahkan ke teman saya tersebut. Dia mengangguk setuju. Dan sayangnya Dia dengan senyum diwajahnya malah mengirim pesan ke temannya bahwa sebentar lagi akan terjadi sesuatu. Hal ini menyebabkan temannya tahu siapa yang menyerangnya.

Karena secara teoritis saya tahu bahwa handphone sangat rawan pada serangan boot maka saya hanya menggunakan id bot sebanyak 17 buah. Bandingkan kalau serangan pc ke pc yang nyampe ratusan bahkan ribuan id bot. Singkat kata, serangan itu pun dilaksanakan.

Tidak sampai 5 detik sasaran langsung dilumpuhkan alias disconek. Teman saya tersenyum tapi setelah merenung sejenak, kemudian dia khawatir. Jangan-jangan handphonenya nanti rusak. Sebelumnya saya menyarankan agar temannya tadi yang terkena serangan tadi lekas-lekas membuka yahoo messengernya lewat komputer dan mengabaikan handphonenya. Sayangnya saran saya tidak ditindak lanjuti.

Selang beberapa hari, teman saya berkata bahwa handphone korban jadi hang dan sampai saat ini tidak bisa digunakan. Temannya marah habis-habisan. Saya sudah memperkirakan hal ini sebelumnya.

Untuk yang sudah familiar dan sering bongkar pasang isi handphonenya sih gak masalah. Tinggal instal ulang beres seperti komputer, itu kalau handphone cedera serius dan perlu masuk ICU . Tetapi hal ini bukanlah perkara mudah jika terjadi di handphone, terutama bagi yang buta instalasi dan software handphone. Anda perlu menyiapkan uang ekstra untuk proses instalasi ulang ini terutama yang tidak tahu cara-caranya. Apalagi software handphone berbeda-beda sesuati dengan tipe atau jenis handphonenya.

Nah, ini pengalaman langsung atas serangan boot yahoo messenger di handphone. Jadi anda musti berhati-hati. Beberapa saran yang dapat saya berikan adalah: pertama, pastikan anda online tidak dengan id yang biasa anda gunakan untuk ngeroom atau yang mempunyai list kenalan yang banyak yang anda tidak ketahui siapa yang baik atau yang tidak. Pastikan juga anda tidak membuat permusuhan dengan teman anda yang tahu id yahoo messenger anda atau mempunyai kenalan yang iseng. Kedua, walaupun serangan boot pada yahoo messenger mobile merupakan kejadian yang sangat langka, saya sarankan jangan online pake handphone jika tidak untuk keperluan yang penting. Ketiga: Keep invisible.

Jika hal ini terjadi pada handphone anda, lakukan hal hal berikut ini. langsung cabut batere handphone anda dan biarkan beberapa menit. Bukalah yahoo messenger anda tidak lewat handphone tapi by komputer (kalau komputer hang sih gak papa, tapi ini jarang sekali terjadi kalau hanya karena serangan boot yahoo). Nah setelah id bot yang menyerang habis keluarlah dari dunia yahoo messenger. Kembalikan batere handphone anda ke posisi semula. Dan hidupkan lagi handphone anda. Jika tidak parah handphone anda masih bisa berfungsi normal, saya yakin dengan hal ini. Kejadian rusaknya handphone karena serangan boot sangatlah langka. Apalagi hanya karena hang kok langsung rusak, ini jarang sekali terjadi.

Sekian
Semoga bermanfaat
Asrizal Wahdan Wilsa
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Serangan Bot (Boot) pada Yahoo Messenger Mobile (di Hand Phone): Bahaya dan Penanganannya Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top