728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

18 Juli 2009

Seperti juga manusia, komputer juga perlu dijaga kesehatannya, baik secara hardware maupun software, agar kegiatan atau aktifitas komputasi kita menjadi lancar, aman dan nyaman. Tiap hari kita beraktifitas menggunakan komputer, seperti mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan surfing, chatting, blogging dan facebook dari pagi ke pagi, dan sebagainya. Lama kelamaan jika tidak dijaga kesehatannya, kinerja komputer kita menjadi semakin menurun, sering hang dan menimbulkan pesan error yang aneh-aneh.

Secara hardware kinerja komputer kita dapat dioptimalkan dengan cara melakukan sedikit aktifitas sebagai berikut:

1. Bersihkan harddisk yang sangat rentan terhadap gangguan listrik yang tiba-tiba mati atau tegangannya tidak stabil (naik turun), dan untuk mengatasinya gunakan UPS atau stabilizer untuk menghindarkan terjadinya kerusakan harddisk kita.2. Lakukan defragmenter terhadap harddisk secara berkala agar harddisk tetap fresh dengan cara sebagai berikut:

§ Klik Start kemudian pilih Program

§ Pilih Accessories kemudian pilih System tools

§ Pilih Defragmenter

§ Beri tanda centang pada pilihan drive yang akan di defragment.

§ Klik defragment

3. Luangkan waktu paling tidak 3 atau 4 bulan sekali untuk membersihkan semua komponen yang ada didalam CPU (terutama fan prosesor) dengan sikat yang lembut/ halus.

4. Jika kita menggunakan speaker, jangan terlalu dekat dengan monitor, karena hal ini akan mengganggu atau merusak warna monitor kita akibat adanya medan magnit.

5. Jika masih ada tempat untuk memasang fan, tambahkan fan agar suhu dalam CPU tetap terjaga.

Secara software kinerja komputer kita dapat dioptimalkan dengan cara sebagai berikut:

1. Bersihkan recycle Bin, Temporary file/folder dan cookies, karena akan berpengaruh terhadap kecepatan loading akses data pada computer kita.

2. Update anti virus secara berkala.

3. Kita sering menghiasi monitor kita dengan foto atau icon-icon yang tidak perlu, padahal ini akan mengurangi kapasitas memori (RAM) pada komputer kita. Oleh karena itu kurangi atau hapus icon-icon pada monitor/ desktop kita, agar kecepatan akses computer kita menjadi maksimal.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. pertamaxxx

    Bener tuh tipsnya....emang komputer tu harus dirawat baek2,,

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Menjaga Kesehatan Komputer Kita Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top