728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

15 Juni 2009

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo menyatakan, gaji guru pada 2009 minimal akan mencapai Rp 2 juta per bulan. ”Angka itu untuk guru pegawai negeri sipil golongan II/B tanpa sertifikat profesi dengan masa mengajar 0 tahun,” ungkapnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR.

Sedangkan untuk guru PNS golongan IV/E bersertifikat profesi, kata Mendiknas, gajinya akan mencapai Rp 6,9 juta rupiah. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan fungsional dan tunjangan ptofesi untuk guru dengan sertifikat. Pemerintah, lanjut dia, juga akan memberikan tunjangan fungsional untuk guru tetap non-PNS yang belum sarjana sebesar Rp 250 ribu per bulan dan yang minimal sarjana sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Pendapatan 30 ribu guru daerah terpencil, kata Mendiknas, juga akan meningkat. Jika sebelumnya guru daerah terpencil yang bersertifikat digaji sebesar Rp 2,29 juta pada 2008, jumlahnya akan naik menjadi Rp 5,1 juta pada 2009. ”Sementara guru daerah terpencil yang belum bersertifikat yang sebelumnya mendapatkan Rp 2,29 juta ditambah menjadi Rp 3,6 juta tahun depan,” jelasnya.

Tidak hanya guru, kata Mendiknas, gaji dosen juga meningkat seiring naiknya anggaran pendidikan. Jika sebelumnya dosen pegawai negeri sipil golongan III/B tanpa sertifikat profesi dengan masa mengajar 0 tahun mendapat Rp 1,8 juta tahun depan angkanya bertambah menjadi Rp 2,26 juta. ”Untuk guru besar yang berstatus PNS golongan IV/E bersertifikat gajinya naik tajam dari Rp 5,1 juta menjadi Rp 13,5 juta,” tegasnya.

sumber: TEMPO Interaktif, Jakarta10 September 2008 | 18:08 WIB


Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Rencana Kenaikan Gaji Dosen 2009 Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top