728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

19 Mei 2009

Bagi yang belum memiliki keahlian menulis seperti Saya, tentu sering menemukan kesulitan ketika akan mempublish postingan. Jangankan mempublish, postingannya saja tak kunjung selesai ditulis. Saya sering mengalami kejenuhan karena ketidakmampuan dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat, paragraf dan tulisan artikel yang utuh.Padahal salah satu kunci sukses dalam Blogging adalah sering mempublish postingan baru atau meng-update postingan lama. Mari berbagi informasi dan pengalaman seputar tips dan trick menulis. Saya akan memulai dari pengalaman tips menulis yang dulu pernah Saya lakukan.

1/ Kumpulkan tema sebanyak mungkin, tema apa saja asal layak ditulis. Inventarisir tema dalam catatan tersendiri karena suatu saat bisa dibuka kembali. Pilih Satu Tema saja yang hendak ditulis. Dengan demikian, dalam penulisannya akan lebih fokus.

2/ Manfaatkan momentum atau peristiwa di luar yang sedang hangat dan aktul terjadi. Ini termasuk jurus jitu jika mampu menangkap momentum tersebut. Tidak harus larut dengan momentum yang ada, tapi bisalah kiranya menelisik ke sisi istimewa dari momentum yang ada.

3/ Pilih topik yang dianggap paling menarik. Karena tema bersifat umum, maka harus ditentukan topik yang dipandang mendesak dan penting untuk ditulis saat itu juga. Bukankah tulisan yang kadaluarsa kadang sudah basi dan tidak menarik lagi? Pastikan topiknya lebih fresh dan up to date.

4/ Tentutan Judul Topik yang diyakini bisa mencerminkan isi dari tulisan. Pilih kalimat yang menarik untuk judul tulisan tersebut. Sebab, orang mungkin sekali tertarik untuk membaca tulisan tersebut karena judulnya juga menarik, dengan catatan isi tulisan relevan dengan Judulnya.

5/ Buat sistematika tulisan secara rapih agar dalam penyusunan kalimat, penyusunan paragraf dan pelatakkan komposisi tulisannya tidak tumpang tindih. Bisa dimulai dari yang umum ke yang khusus atau sebaliknya.

6/ Cari bahan-bahan atau referensi tulisan sebagai dukungan dan atau rujukan terhadap tulisan yang sedang dibuat. Mencari bahan bisa dari Buku, majalah, Koran, atau dari dokumen-dokumen yang tersimpan dalam file Komputer. Mendengarkan berita di TV bisa jadi tulisan koq, tanpa harus mlihat visual gambarnya.

7/ Eksplorasi ide-ide yang terpendam dalam pikiran terkait dengan topik yang sedang ditulis. Tuangkan dalam rangkaian kata dan kalimat sehingga menjadi satu paragraf yang utuh. Jangan lupa lakukan cek sekiranya ada kesalahan dalam peletakan huruf.

8/ Istirahat sejenak. Jika di tengah-tengah menulis mengalami kebuntuan, maka wajib istirahat sejenak guna me-refresh pikiran yang sedang fokus. Setelah sejenak istirahat, dan sangat mungkin bisa menemukan ide baru, silakan menulis lagi. Jika dipandang perlu, menulis sambil mendengarkan musik kesukaan, sediakan minum teh, kopi, air putih juga lebih sehat.

9/ Jika selesai menulis, sekali lagi, jangan lupa periksa seluruh isi paragraf. Masukan sumber tulisan jika merupakan kutipan. Beri aksesories seperlunya seperti ketika harus menulis tebal, miring, garis bawah, atau colour font yang sesuai.

10/ Jika sudah yakin tentang tulisan tersebut, maka langkah terakhir adalah; Publish, publikasikan menjadi postingan dalam Blog.

Itulah tips atau lebih tepatnya pengalaman yang saya lalui dalam hal menulis yang saya lakukan. Masih banyak yang perlu dieksplorasi terkait tulis-menulis. Mudah-mudahan saya bisa menyajikan di postingan mendatang. Demikian, semoga bermanfaat.


Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Menulis, Menulis, Menulis dan Publish Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top