728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

23 Mei 2009

Seorang teman saya bercerita, pernah ada dua orang buta saling beda pendapat ketika mendeskripsikan seekor gajah. Yang satu bilang gajah itu lonjong dan panjang karena hanya pegang belalainya, orang yang satu lagi bilang gajah itu lebar, pipih, dan tipis, lantaran hanya menilai gajah dari kupingnya.Lantas, bagaimana bila orang-orang di luar Facebook memberi komentar dan hukum tentang situs jejaring sosial bikinan Mark Mark Elliot Zuckerberg paling populer di dunia itu?
Hati-hati bagi pengguna Facebook karena “fatwa haram” segera menghampiri… Bentar lagi menyusul Myspace, Plurk, Twitter, WordPress, Blogspot, Gmail, Y!M juga haram, kkkkk….. ;)

Facebook


Berikut berita “haram”nya Facebook yang dikutip dari Detiksurabaya.com

Facebook-an Berlebihan Diharamkan Ponpes se Jawa-Madura
Boomingnya layanan situs jejaring sosial, seperti facebook, friendster maupun chatting untuk menjalin hubungan pertemanan diam-diam diawasi oleh ulama.

Juru bicara Pondok Pesantren Lirboyo Nabil Haroen mengatakan pembahasan facebook dalam forum ini memiliki alasan yang kuat. Interaksi dunia maya ini dinilai menjadi salah satu pemicu hubungan negatif dengan lawan jenis. Sebab semua materi percakapan tersebut nyaris tak terkontrol dan berlangsung bebas. “Beberapa anak muda menggunakannya untuk mojok dan berbicara maksiat,” kata Nabil.



Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial secara berlebihan, seperti mencari jodoh maupun pacaran.

Pernyataan ini sesuai dengan hasil pembahasan dalam Forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kediri, yang dilaksanakan sejak 2 hari yang lalu.

“Ini merupakan hasil pembahasan terakhir yang kami lakukan semalam. Intinya, larangan ini kami keluarkan sesuai dengan aturan yang sudah ada dalam ketentuan agama,”

Dijadikannya penggunaan layanan jejaring sosial sebagai pembahasan dalam forum Bahtsul Masail, dijelaskan Masruhan dikarenakan penggunaannya sudah dianggap sangat mengkhawatirkan. Pertemanan dalam facebook oleh masyarakat, sejauh ini dianggap lebih sering dilakukan dengan sifat tidak serius.

“Kami juga harapkan, pernyataan ini bisa dijadikan pelajaran bagi owner facebook atau friendster, agar mereka lebih selektif serta menggunakan kontrol ketat terhadap penggunaannya,” papar Nabil.



Muhammadiyah Jatim Tidak Haramkan Facebook
Jika Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial secara berlebihan. Namun sikap berbeda ditunjukan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Muhammadiyah malah menganjurkan umatnya untuk memanfaatkan situs jejaring sosial mencari teman ataupun informasi.

Menurut Sekretaris PWM Jatim, Nadjib Hamid, facebook, email ataupun chatting adalah berkah dari kemajuan ilmu pengetahuan.

“Katanya supaya hidup itu benar landasilah dengan agama dan hidup ini supaya mudah gunakan ilmu pengetahuan,” ungkap Nadjib seraya mengatakan itu tergantung bagaimana pribadi masing-masing memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.

“Saya kira ini bukan wilayah halal dan haram, secara ansih barang itu semata tetapi dia bisa berubah menjadi haram dan halal tergantung illat hukumnya.
Bagaimana kita menggunakan teknologi itu menjadi haram atau bahkan satu ketika teknologi itu bisa menjadi wajib ketika memang diperlukan untuk kepentingan yang maslahat,” tandasnya.

Facebook dan segala macam produk ilmu pengetahuan tambah dia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baik mungkin. “Muhammadiyah melihat ini sama dengan ilmu pengetahuan yang lain dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya.


Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Facebook HARAM !!!!!!!!!!!!!!!!!! Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top