728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

08 Maret 2009

Mengedit layout merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena disini kita dapat mempercantik tata letak serta wajah blog kita. Mau tahu caranya, yuk kita ikuti langkah-langkahnya………tapi perlu diingat ini hanyalah sedikit cara atau informasi yang saya ketahui, masih banyak informasi lainnya di blog-blog maupun di web para netter. Selamat mencoba….

Terdapat beberapa hal yang penting untukdi edit dalam rangka mempercantik blog kita. Dalam dashboard terdapat beberapa hal diantaranya:
1.Post
2.Layout
3.Setting
4.View Blog

kali ini mari kita bahas mengenai edit Layout.
1.Layout terdiri dari beberapa bagian diantaranya:
a.Page Element (Elemen halaman)
b.Font and Color (Tulisan dan warna)
c.Edit HTML
d.Template

2.langkah awal sebelum kita mengedit page elemen menurut pribadi lebih baik kita mengganti terlebih dahulu model template lama dari google bagi yang tidak suka dengan templatenya dengan mengganti template yang lebih menarik dan unik dari blog-blog atau situs penyedia download gratis template blogspot. Caranya adalah dengan mencari di google search engine dan menuliskan kata “free templates blogspot” atau anda dapat melihat berbagai jenis templates menarik yang saya rekomendasikan untuk template blog anda diantaranya dari alamat berikut ini:

http://ourblogtemplates.com
http://blogger-templates.blogspot.com/
http://freetemplates.blogspot.com/
http://zoomtemplates.com

3.Setelah anda memilih dan mendownload HTML dari blog pilihan lalu simpan di plashdisk. Masuklah ke bagian edit HTML, namun sebelum mengganti HTML dengan yang baru download/simpan template anda yang lama hal ini penting karena jika anda ingin kembali ke template lama anda hanya perlu browse dan upload dari data anda.mengerti kan. Kita lanjutkan

4.Browse html yang anda download yang disimpan di data anda lalu upload, setelah diupload simpan dan konfirmasikan. Jika ada tulisan error di bagian atas berarti template model tersebut tidak mendukung. Silahkan anda mengganti dengan yang lain. Akan tetapi jika tidakada kata eror (berwarnamerah biasanya) dan terdapat bacaan “changed was saved” atau perubahan telah disimpan dan view blog/ lihat blog berarti anda berhasil. Untuk melihatnya silahkan klik view blog atau buka windows baru dan tuliskan alamat blog anda.

5.Gimana? Menarik atau biasa saja atau kurang bagus... silahkan anda ganti saja sampai anda merasa cocok dengan templatenya, namun perlu diperhatikan sepengalaman saya jika terlalu sering mengganti template dalam waktu yang sama biasanya lebih dari 5 kali ganti suka agak sedikit error untuk itu ilihlah yang benar-benar anda sukai dan menurut anda aling cocok.

6.Langkah selanjutnya adalah kita edit mengenai halaman elemen atau page elemen. Disini kita dapat menambah elemen-elemen baik itu mengenai link, surat kabar dari google, tulisan pendek, gambar, video dari google, adsense serta banyak lainnya. Namun perlu diingat bahwa sepengatahuan saya jika kita terlalu banyak memasang pernak-pernik mengenai hal-hal yang bersifat pribadi banget membuat blog kitaa agak sedikit lama terbuka, karena saking terlalu banyaknya aplikasi dalam blog, jadi cukuplah saja seperti di blog saya, kalender yang diperoleh dari salahsatu penyedia html kalender hijriah, namun banyak juga kalender yang menarik namun masehi. Itu terserah anda.

7.Caranya adalah anda hanya perlu memasang apa yang anda inginkan terpampang diblog anda, dengan mengklik ”add element/tambah elemen”lalu pilih salah satu fasilitas yang tersedia dan isikan apa yang anda iginkan.

8.bagi yang ingin memasang kode html dapat mengklik add elemen lalu pilih ”java script/html” isikan kode dan lihat hasilnya. Anda juga dapat memindahkannya ketempat lain dengan menggeser-geser halam tersebut kebagian yang anda rasa ok.

9.Begitu selanjutnya..........

10.Satu hal agi yang perlu di edit adalah mengenai kombinasi warna yang anda inginkan, dengan mengedit bagian ”Font and Color” silahkan kombnasikan sesuka anda. Akan tetapi perlu diperhatikan ada template yang tidak mendukung untuk di edit tulisan dan warna ada juga yang mendukung. Namun untuk template dari blogspot google semua bisa dirubah jenis tulisan dan warnanya.

11.Mungkin itu yang bisa saya informasikan selamat berkreasi, dan selamat menjadi seorang blogger. Semoga bermanfaat.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Trik Mengedit Layout Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top