728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

10 Maret 2009


Bila anda telah memiliki sebuah website yang fungsinya adalah publikasi di internet maka salah satu kesuksesan dari sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine. Biasanya pengunjung akan mencari website melalui search engine dengan menggunakan kata kunci atau keyword.

Harapan pemilik website tentu saja muncul di urutan teratas pada hasil pencarian search engine karena kecenderungan pengunjung tentu saja akan meng-klik pada hasil - hasil pencarian yang muncul teratas.

Bagaimana caranya website kita bisa muncul pada hasil pencarian search engine untuk keyword - keyword yang relevan dengan content website kita? Lebih jauh lagi bagaimana caranya supaya website kita bisa muncul pada urutan teratas (page rank) agar dapat menarik lebih banyak pengunjung? Anda dapat mempelajari baik melalui buku-buku maupun mencari tutorialnya di search engine internet, namun kami akan bahas pula hal ini step by step pada websupport di blog rajaklik.com.

SEO
SEO adalah sebuah proses halaman web agar dapat dibaca dengan lebih baik oleh search engine yang bersifat crawler (Google, Yahoo, MSN, dll). Proses SEO dapat melibatkan halaman web itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain.

Tidak semua jenis website dapat terbaca dengan baik oleh search engine. Website yang menggunakan full flash sampai saat ini sama sekali belum dapat dibaca dengan baik oleh search engine, sedangkan website yang memenuhi standard W3C akan dapat dibaca dengan sempurna oleh search engine. Search engine juga akan kesulitan membaca web yang menggunakan navigasi JavaScript dan web dengan frame.1

Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO. Selain itu, metode search engine untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu, dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak. Silahkan simak artikel - artikel tentang SEO dalam website ini

Mendaftarkan website ke Search Engine
Faktor utama tingginya traffic ke sebuah website adalah terdaftar pada search engine populer sehingga mudah ditemukan dan tentu saja akan mendatangkan kesuksesan yang lebih besar. Cara untuk terdaftar pada sebuah search engine sebenarnya cukup mudah meskipun Anda tidak dapat menyulap situs Anda untuk masuk ke halaman pertama index pencarian.

Hal - hal yang Harus dipenuhi
Untuk dapat masuk dalam daftar pencarian search engine, website Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :
Website Anda harus mengandung unsur text
Search engine membaca file non-binary pada website Anda. Text - text yang terdapat di dalamnya akan disimpan dalam database search engine tersebut sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya. Sangat tidak disarankan membuat suatu website dalam full flash karena teknologi search engine saat ini tidak dapat membaca file flash.
Lengkapi header di setiap halaman
Header yang terdiri dari title, meta description, dan meta keyword harus diisi dengan kata - kata yang relevan dengan isi website. Hal ini semakin memudahkan search engine untuk menyimpan isi halaman website Anda dalam databasenya.
Buat semua halaman dengan lengkap
Sebelum Anda mulai mendaftarkan website Anda pada search engine, silahkan buat seluruh halaman dengan lengkap. Jangan sampai ada deadlink. Biasanya search engine tidak banyak mereferensikan hasil pencariannya pada website yang masih terdapat banyak deadlink.
Sebaiknya membuat sitemap
Untuk mempermudah search engine menemukan halaman - halaman pada website Anda, buatlah sitemap yang berisi link ke seluruh halaman dalam website tersebut.
Tambahkan tag alt pada link image
Tag alt pada image yang berkait (memiliki link) akan memudahkan search engine untuk mengcrawl halaman yang dituju oleh link tersebut.

Mendaftar di Google
Google memiliki banyak fasilitas untuk mendaftarkan website dan memasukkannya ke dalam index pencariannya. Untuk mendaftarkan suatu website di Google dapat memilih salah satu cara yang terdapat di halaman : http://www.google.com/intl/en/submit_content.html
Biasanya untuk website baru, Anda disarankan untuk mendaftarkannya melalui http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl

Mendaftar di Yahoo
Untuk mendaftarkan situs Anda di Yahoo, dapat dilakukan melalui : http://search.yahoo.com/info/submit.html

INGAT! Tidak ada jaminan
Perlu diingat bahwa tidak ada jaminan website Anda akan masuk ke index pencarian Google, Yahoo, maupun search engine lain. Masing - masing search engine memiliki mekanisme seleksi, crawl, dan indexing yang berbeda - beda.

Cara termudah untuk dapat masuk pada index pencarian adalah melalui link. Tambahkan link ke website Anda dari website lain yang halaman - halamannya telah masuk ke index pencarian

Google Site Map

Sebenarnya buat apa sitemap google itu? Sitemap sendiri kurang lebih merupakan sesuatu yang menggambarkan denah dari sebuah situs web. Jadi sitemap memuat informasi mengenai halaman apa saja yang ada di sebuah website, file-file gambar apa saja yang ada di sebuah website. Lantas apa itu sitemap google? Sitemap google kita buat supaya google lebih cepat mendapatkan isi website kita, terkait dengan SEO (Search Engine Optimization).

Membuat sitemap google harus mempunyai account di google terlebih dulu, jadi bagi yang belum punya silakan daftar terlebih dulu di google.

Untuk memulai membuat sitemap silakan buka http://www.google.com/webmasters Kemudian klik pada link “Webmaster tools (including Sitemaps)”.

Setelah itu silakan login dengan mengisikan username dan password account google anda. Apabila login anda sukses maka akan ditampilkan halaman depan dari Webmaster Tools. Langkah pertama kali adalah anda mengisikan alamat web anda ke kotak masukan. Isikan nama web site anda di kotak isian, kemudian tekan tombol OK. Kemudian silakan verifikasi, bahwa anda adalah pemilik website tersebut, klik pada link “Verify your site”. Pilih mode verifikasinya, misalnya “Upload an HTML file”. Pilihan ini mengharuskan anda membuat file kosong dengan nama file tertentu kemudian file tersebut diupload ke hosting web anda.

Untuk pilihan add a META tag, anda akan diminta menambahkan tag html ke dalam file index di web anda.

Selanjutnya, silakan buat file kosong dengan nama file, misalnya, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Setelah file kosong selesai dibuat, silakan upload file tersebut ke public_html dari web hosting anda. Kemudian klik tombol verify.

Apabila file verifikasi yang anda buat dan upload tadi bisa terbaca oleh web server, maka proses verifikasi selesai, dan akan menampilkan seperti pada gambar:

Kemudian, bisa anda lanjutkan untuk membuat sitemapnya. Silakan klik menu link “My Site”. Maka akan ditampilkan halaman depan dari Webmaster tools anda, juga ditampilkan daftar situs web yang sudah anda daftarkan, berikut dengan statusnya: Untuk menambahkan sitemap pada situs web yang sudah anda daftarkan, silakan klik link “Add a Sitemap”.Tapi sebelumnya sebaiknya anda buat dulu file sitemapnya.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Kami akan menjawab komentar anda secepat mungkin, opsi lain silakan berkomentar di halaman facebook/melalui twitter kami.

Item Reviewed: Mengoptimalkan SEO Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top